5 Tradisi Ulang Tahun Unik di Dunia, Ada yang Harus Ganti Tanggal Lahir

Sabtu, Oktober 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Perayaan ulang tahun biasanya identik dengan tradisi meniup lilin atau pemberian kue kepada orang yang berulang tahun. Namun, enggak hanya itu, di beberapa tempat di dunia, perayaan ulang tahun juga diwarnai dengan tradisi unik.
Tradisi tersebut nyatanya bisa kamu temukan di beberapa negara di dunia. Kalau biasanya perayaan ulang tahun dilakukan bertepatan dengan hari kelahiran, Vietnam justru punya cara yang berbeda. Berikut lima tradisi unik perayaan ulang tahun di dunia, seperti dilansir Pulse.

1. Dirayakan saat Tahun Baru, Vietnam

Kembang api Tahun Baru Maori, Matariki, di Selandia Baru. Foto: Michal Tesar/Shutterstock
Kalau biasanya perayaan ulang tahun dilakukan saat si empunya merayakan hari jadinya, hal itu justru tidak berlaku dengan Vietnam. Negeri Naga Biru justru akan merayakan ulang tahun saat perayaan tahun baru.
Uniknya, hal ini membuat seluruh penduduk Vietnam memiliki usia yang sama. Sebagai contoh, ketika memasuki tahun baru 2023 mendatang, mereka yang berusia 19 tahun otomatis akan genap berusia 20 tahun.
Tradisi unik yang dinamai Tet ini berarti bahwa usia kamu akan bertambah saat tahun baru.

2. Ubah Tanggal Ulang Tahun, Korea Utara

Korea Utara tidak hanya dikenal dengan negara yang cukup tertutup untuk wisatawan. Lebih dari itu, negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un, tersebut nyatanya punya tradisi unik soal perayaan ulang tahun.
Tradisi unik ini berkaitan dengan penggantian tanggal kelahiran. Bagi yang lahir di tanggal 17 Desember atau 8 Juli, maka kamu wajib mengganti tanggal lahirmu. Ya, dua tanggal tersebut adalah tanggal istimewa yang tidak boleh dimiliki penduduk Korea Utara.
Kedua hari tersebut merupakan hari spesial di mana pendiri Korea Utara, Kim Il-sung dan putranya, Kim Jong-il, meninggal dunia. Untuk itu, tanggal tersebut tidak boleh dirayakan siapa pun, termasuk mereka yang berulang tahun.

3. Jewer Telinga, Spanyol

Kalau Korea Utara mewajibkan warganya mengganti tanggal lahir jika lahir pada tanggal 17 Desember atau 8 Juli, Spanyol memiliki tradisi perayaan ulang tahun yang tidak kalah uniknya. Negeri Matador memiliki tradisi menjewer telinga mereka yang berulang tahun.
Tradisi tersebut dilakukan untuk memperoleh keberuntungan di hari yang dianggap baik. Kalau kamu berusia 20 tahun, maka telingamu akan dijewer sebanyak 21 kali. Jumlah jeweran tersebut menandakan tahun yang telah kamu dan akan kamu lewati.

4. Makan Mi Panjang Umur, China

Perayaan ulang tahun di China dilakukan dengan menyantap mi panjang umur yang merupakan salah satu kuliner khas negara tersebut. Kuliner yang biasanya hadir saat perayaan Imlek itu akan disantap oleh mereka yang merayakan pertambahan usia.
Tradisi unik memakan mi tersebut dimaksudkan untuk memperoleh nasib baik, yaitu memiliki usia yang panjang, serta memperoleh banyak kebaikan. Selain jadi hidangan yang wajib ada di setiap perayaan penting, mi juga menjadi simbol kelanggengan dan panjang umur.

5. Menyapu Jalanan Balai Kota, Jerman

Terakhir, Jerman juga memiliki tradisi perayaan ulang tahun unik, yaitu menyapu jalanan balai kota.
Tradisi unik tersebut wajib dilakukan para pria jomblo yang telah memasuki usia 30 tahun. Buat kamu yang berulang tahun saat ke Jerman, jangan kaget kalau disuruh menyapu jalanan di balai kota, ya.
Terdengar mudah? Tunggu dulu, sebab kalau sudah bersih, maka teman kamu akan melemparkan lagi sampah-sampah yang telah dikumpulkan untuk disapu kembali.
Orang yang berulang tahun tersebut juga tak boleh meninggalkan balai kota sampai ada lawan jenis yang menciumnya. Waduh, ada-ada saja, ya!

Sumber : kumparan.com

0 comments: