7 Cara Mengatasi Rambut yang Mengembang agar Mudah Diatur

Jumat, Oktober 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi. Cara mengatasi rambut yang mengembang agar mudah diatur (Foto: iStockphoto/Boyloso)

Cara mengatasi rambut yang mengembang bisa dimulai dari perawatan sehari-hari hingga memanfaatkan bahan alami yang mudah dilakukan di rumah.

Dengan perawatan yang rutin, rambut mengembang yang kusut dan sulit disisir pun jadi lebih lembut dan mudah diatur.

Berikut ini adalah cara mengatasi rambut yang mengembang yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Keramas dengan air dingin
Ilustrasi. Cara mengatasi rambut yang mengembang dengan keramas air dingin (Foto: iStockphoto/Igor Vershinsky)

Saat mencuci rambut, disarankan Anda membilasnya air dingin biasa. Merujuk John Frieda, keramas dengan air dingin dapat melindungi rambut dan kulit kepala Anda serta mencegah rambut kering dan kusut.

Membilas rambut dengan air dingin juga untuk membantu mengunci kutikula rambut Anda.

2. Keringkan dengan handuk mikrofiber
Bahan handuk yang digunakan untuk mengeringkan rambut juga dapat memengaruhi kondisi rambut. Penggunaan bahan handuk yang tidak tepat dapat menyebabkan rambut kusut karena dapat membuat kutikula menjadi kasar.


Untuk mendapatkan rambut yang tidak mengembang, Anda dapat menggunakan handuk mikrofiber atau bahan kaus katun. Handuk mikrofiber terbuat dari serat yang lebih halus sehingga lebih sedikit gesekan dan sangkutan pada rambut Anda.

3. Gunakan sisir bergigi lebar
Ilustrasi. Cara mengatasi rambut yang mengembang dengan sisir bergigi lebar (Foto: deborahmiller56/Pixabay)

Setelah keramas dan mengeringkan rambut, hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan sisir. Menggunakan sisir yang salah dapat membuat kutikula rambut menjadi kasar sehingga menyebabkan keriting dan mengembang.

Anda dapat menggunakan sisir khusus yang dirancang untuk rambut basah, yakni sisir bergigi lebar.

Sisi bergigi lebar cukup ideal untuk rambut yang mudah kusut karena memiliki lebih banyak ruang bagi rambut untuk melewati gigi, yang membantu mencegah kerusakan.

Jangan lupa mencuci sisir setidaknya satu minggu sekali agar kotoran atau residu yang terdapat di sisir tidak menumpuk dan menempel di rambut dan kulit kepala yang menyebabkan rasa gatal.


4. Gunakan pengering dengan teknologi ionic
Pengering rambut biasa menggunakan udara panas untuk mengeringkan yang seiring waktu dapat merusak rambut.

Apabila ingin mengeringkan rambut yang lebih aman, Anda dapat menggunakan pengering ionik dilengkapi magnet, yang menarik air keluar dari rambut dan membantu menutup kutikula dengan lebih lancar.

Dengan pengering ionik, Anda memiliki opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi tersebut.

5. Gunakan serum rambut

Setelah rambut setengah kering, Anda dapat menggunakan serum untuk membuat rambut lebih mudah diatur.

Serum adalah produk yang baik untuk rambut kusut karena mengandung silikon yang efektif dalam menjinakkan rambut kusut dan mengembang.

Saat memilih serum, carilah bahan-bahan seperti Dimethiconol, yang menghaluskan dan meluruskan kembali serat rambut serta memberikan rasa lembut pada rambut.

6. Aplikasikan masker rambut alami
Untuk mendapatkan rambut yang mudah diatur dan sehat, Anda bisa secara rutin melakukan perawatan masker rambut. Masker rambut cocok untuk semua jenis rambut dan merupakan cara yang bagus untuk mengatasi rambut kusut.

Carilah masker rambut yang berbahan minyak zaitun yang dapat menghaluskan rambut kusut yang sulit diatur. Minyak kelapa mudah diserap dan dapat membantu menambah kelembapan pada rambut dan mengurangi kehilangan protein.

Melansir Healthline, Anda dapat membuat masker minyak kelapa sendiri di rumah.

Caranya dengan memijat lembut kepala Anda dengan beberapa tetes minyak kelapa, lalu diamkan selama 15 menit. Kemudian cuci rambut Anda dengan sampo untuk menghilangkan minyak kelapa.

Anda juga dapat menggunakan masker minyak kelapa semalaman. Setelah dioleskan secara merata ke seluruh bagian kepala gunakan handuk lembut di bawah kepala Anda untuk menghindari noda minyak di bantal atau area lainnya.

7. Gunakan kondisioner tanpa bilas
Leave-in conditioners atau kondisioner tanpa bilas juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut mengembang.

Anda bisa mengaplikasikannya setelah keramas dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan kondisioner apa pun. Perbedaannya adalah Anda tidak perlu membilasnya.

Kondisioner tanpa bilas dapat membantu menambah kelembutan dan kelembapan pada rambut serta menjaganya agar bebas kusut.

Itulah cara mengatasi rambut yang mengembang di rumah. Selamat mencoba!


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: