7 Tempat Wisata Cantik di Pulau Derawan, Wajib Masuk Bucket List

Sabtu, Oktober 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


PULAU Derawan yang menjadi daya tarik wisata lainnya di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Keindahan pulau ini sungguh memesona, ada banyak kegiatan berwisata bahari di sini.

Sedikitnya terdapat 4 pulau utama yang terkenal di Kepulauan Derawan, yaitu Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban.

Semua pulau tersebut dapat dikunjungi dengan menyewa speedboat dari Pulau Derawan dan di setiap pulau, Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda.

Anda bisa bermalam di cottage-cottage yang ada di sekitar pulau Derawan. Uniknya ada penginapan yang berdiri tepat di atas laut yang jernih, bersih dan cantik.

Selain itu Anda juga melihat pemandangan biota laut yang sangat indah. Mulai dari karang-karang, ikan-ikan bewarna warni, sehingga membuatnya terlihat semakin cantik.

Jika berkesempatan ingin datang ke kepulauan ini, yuk agendakan 7 wisata Derawan ini wajib masuk bucket list Anda.

1. Labuan Cermin

Tak ketinggalan, Labuan Cermin juga jadi destinasi wisata favorit di Berau. Seperti namanya, air di sini benar-benar jernih, bening seperti cermin.


Saking beningnya, semua yang ada di dalam danau tersebut bisa Anda lihat tanpa harus menyelam ke dalamnya.

Labuan Cermin

(Foto: Instagram/@elsyahidtour)

Menariknya danau ini terdapat dua rasa, yaitu air tawar dan air asin. Tak hanya itu saja, pemandangan di sekitarnya juga tak kalah memesona. Terdapat pepohonan rimbun, udaranya bersih, dan nuansanya pun menenangkan.

2. Gua Haji Mangku

Gua Haji Mangku merupakan sebuah gua di tebing pantai terpencil yang airnya sangat jernih dan tenang. Gua Haji Mangku tepatnya berlokasi di Pulau Maratua.

Para wisatawan juga dapat melihat pemandangan stalaktit yang memesona. Daya tarik utama dari gua ini adalah warna kebiruan airnya yang sungguh elok.

Gua Haji Mangku

(Foto: Instagram/@infowisata202)

Meskipun letak Gua Haji Mangku ini cukup tersembunyi dan sempit, Gua Haji Mangku wajib dikunjungi jika Anda menyambangi Kepulauan Derawan.

3. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban menjadi salah satu surga wisata di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Anda dapat menyaksikan keindahan alam dari pulau ini, yakni habitat ubur-ubur, tepatnya di Danau Kakaban.

Danau Kakaban bahkan dijuluki danau purba. Danau ini terbentuk akibat pengangkatan atol atau terumbu karang cincin setinggi 40-60 meter yang terjadi pada 1-2 juta tahun lalu.

Kakaban di Kepulauan Derawan

(Foto: Instagram/@derawan_travel)

Terdapat air laut di sekitar cekungan, kemudian masuk dan terjebak hingga akhirnya bercampur dengan air hujan. Maka dari itu, air di Danau Kakaban rasanya payau.

4. Pulau Sangalaki

Terdapat alternatif objek wisata lain di kepulauan Derawan yang dapat Anda jelajahi. Misalnya, kawasan konservasi penyu yang berada di Pulau Sangalaki.

Salah satu pulau yang berada di gugusan kepulauan Derawan ini menjadi lokasi para Penyu bertelur. Pada saat-saat tertentu Anda juga bisa melihat kegiatan pelepasan tukik-tukik atau penyu kecil yang baru menetas. Kemudian anak-anak itu akan dilepas ke lautan sebagai habitat aslinya.



5. Pulau Maratua

Kemudian ada Pulau Maratua yang merupakan salah satu bagian dari gugusan kepulauan Derawan, di tempat ini terkenal dengan keindahannya. Memiliki pasir putih, dikelilingi laut berwarna toska membuat siapa saja akan terpana.

selain itu jangan lupa untuk berburu foto-foto yang instagramable. Di pulau ini banyak spot-spot cantik yang akan memperindah koleksi jepretan Anda.

6. Blue Light Cave

Lalu yang tak boleh dilewatkan saat ke Derawan adalah mengunjungi Blue Light Cave. Wisata ini cukup memacu adrenalin, karena Anda akan langsung menyelam di laut biru dengan kedalaman laut 12 meter dengan menggunakan alat diving yang sangat lengkap.

Blue Light Cave

(Foto: Instagram/@hatswijaya)

Lokasinya berada di Pulau Kakaban. Anda akan diajak menyelam menemukan gua di dalam laut dengan panduan master diving, sehingga saat menyelam tidak perlu khawatir tenggelam atau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Ketika masuk ke dalamnya, Anda akan dibuat takjub dengan keindahan bawah air di bagian wilayah Kepulauan Derawan ini.

7. Berenang bersama pari raksasa

Untuk menikmati wisata bahari, Anda dapat menyambangi salah satu lokasi snorkeling yang populer bernama Manta Point. Pengunjung tak hanya bisa menikmati keindahan terumbu karang saja, tetapi juga bisa berenang bersama Manta Ray, ikan pari raksasa yang tengah berburu plankton.

Rasakan pengalaman yang menyenangkan, berenang bersama ikan pari raksasa yang ukurannya bisa sampai 3 kali lipat dari manusia. Tak lupa juga untuk berfoto bersama Manta Ray. Tenang saja, pengunjung yang ingin mencobanya tetap dalam pengawasan jadi tak perlu khawatir diserang.

Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: