8 Tips Bikin Makanan Rumah Jadi Lebih Sehat, Gak Susah Kok!

Sabtu, Oktober 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


MEMASAK makanan sendiri di rumah memang akan jauh lebih sehat, dibandingkan jajan di luar. Dengan memasak di rumah, kita bisa mengontrol bahan-bahan dan bumbu yang dipakai, dan menghitung nilai gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh.

Masakan rumah yang sehat, bergizi dan seimbang apabila di dalamnya terdapat nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, air, dan vitamin.

Nah, agar tak keliru untuk membuat makanan rumahan yang sehat. Cek dulu ulasan delapan tips mudah untuk memasak agar makanan lebih sehat, sebagaimana dilansir dari Redbook Mag, Jumat (28/10/2022).

1. Masukkan sayuran: Salah satu cara termudah untuk membuat masakan lebih sehat adalah menggunakan atau menambah sayur ke dalam masakan. Tambahkan sayuran hangat seperti jamur ke dalam burger buatan sendiri sebelum dipanggag, atau pakai sayuran hijau atau kubis yang besar. 

2. Membeli makanan beku: Maksudnya di sini, tak perlu takut untuk membeli produk makanan beku. Contohnya buah dan sayuran beku, yang sebetulnya diambil dan langsung dibekukan saat sedang segar- segarnya. Tidak semua orang punya waktu ke pasar atau supermarket untuk belanja setiap waktu. Jadi gunakan cara muda, belilah stok persediaan buah dan sayuran seperti blueberry, brokoli, wortel, jagung, kacang kacangan, raspberry, strawberry

3. Metode masak yang sehat: Makanan yang sehat bisa dimasak dengan cara dikukus, direbus ataupun ditumis. Metode ini hanya butuh sedikit minyak tanpa menambahkan bahan yang lain. Tetapi jika ingin memanggang sayuran, masak sayur tersebut dalam suhu 350 derajat dalam waktu 20-30 menit agar sayur tidak terlalu matang.

4. Perhatikan pemilihan minyak: Pilihlah minyak yang cocok untuk teknik memasak dan cara memasak Anda. Contohnya ada minyak yang memang lebih bagus untuk masakan yang dibakar, atau digoreng di panci dengan temperatur tinggi, tumis, atau pun panggang. Lain lagi dengan minyak seperti minyak zaitun atau minyak alpukat, yang bagus untuk saus buatan sendiri atau salad.

5. Makanan mentah: Ini sah-sah saja, bisa juga untuk menikmati makanan tanpa dimasak, seperti salad, buah, atau bahkan kombinasi keduanya. Namun ingat, pastikan untuk mencuci semua sayur dan buah sebelum mencicipinya. Saat pergi belanja seperti kacang dan biji-bijian, cari lah yang memiliki label "raw" atau mentah, dimana tidak membutuhkan bahan tambahan seperti minyak, garam, atau gula.

6. Pakai bahan alternatif yang lebih sehat: Contohnya, dibanding menggunakan tepung terigu biasa, bisa gunakan tepung dari almond atau tepung dari kelapa sebagai pengganti yang lebih sehat. Anda juga bisa membuat tepung dari kacang lain sebagai salah satu variasi.

7. Pilih bumbu: Pilihlah merek bumbu yang bebas sodium atau rendah sodium dan kalori tambahan, atau berkreasi dengan bumbu-bumbu alami, bahan bahan herbal untuk meningkatkan rasa atau tanaman rempah yang Anda tanam sendiri.

8. Ganti sumber karbohidrat: Alih-alih pasta, kentang, dan nasi putih. Karbohidrat bisa diganti dengan ubi, atau sayuran lain yang dapat menggantikan bahan utama tersebut. Nasi juga bisa diganti dengan kembang kol atau timun Jepang loh


Sumber : okezone.com

0 comments: