8 Tips Usir Nyamuk dari Rumah, Pakai Kemangi hingga Rosemary

Kamis, Oktober 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Surabaya - Nyamuk terus diperangi. Sebab, gigitan nyamuk dapat menimbulkan penyakit seperti malaria hingga demam berdarah.

Di pasaran, sudah banyak obat pengusir atau pembasmi nyamuk. Mulai dari obat nyamuk bakar hingga yang disemprotkan. Namun kandungan bahan kimianya patut diperhatikan.

Cara lain untuk mengusir nyamuk adalah menggunakan bahan alami. Berikut ini ulasannya:
1. Kemangi

Kemangi tak hanya dikenal sebagai lalapan, namun juga memiliki fungsi lain yaitu mengusir nyamuk. Namun jangan asal menebar kemangi, caranya yaitu dengan membakar kemangi.


Cara ini sudah digunakan oleh orang zaman dahulu. Aroma bakaran dari daun kemangi kering ampuh untuk mengusir nyamuk dari rumah.

2. Lavender

Bunga lavender tak hanya cantik untuk hiasan, namun juga berfungsi untuk mengusir nyamuk. Wangi lavender ampuh mengusir nyamuk.

Anda bisa meletakkan beberapa tangkai lavender di dalam vas untuk di ruang tamu, ruang keluarga, juga di kamar tidur.

3. Catnip

Senyawa alami pada tanaman hias catnip sangat dibenci nyamuk. Namun senyawa nepetalactone justru cukup menarik bagi kucing.

Tanaman catnip cukup efektif untuk mengusir nyamuk daripada bahan kimia yang lebih komersil. Anda bisa meletakkannya di bawah sinar matahari di pekarangan rumah. Bunganya juga indah, cocok mengiasi rumah Anda.

4. Mint dan Peppermint

Aroma kuat serta kandungan minyak dalam peppermint bisa mengusir nyamuk. Anda bisa menggunakan minyak esensial dengan aroma peppermint yang khas.

Ini tak hanya mengusir nyamuk. Namun juga mengusir serangga lainnya bahkan hingga telur dan larvanya.

5. Geranium

Aroma geranium yang semerbak mirip seperti serai. Tanaman hias ini cocok ditanam di halaman karena bentuknya yang indah, wangi, dan cocok di iklim hangat. Geranium cukup populer sebagai tanaman hias pengusir nyamuk.

6. Mariegold

Mariegold biasanya diletakkan di dalam pot. Bunganya yang cantik cocok untuk diletakkan di teras rumah. Manfaat mariegold tak hanya mengusir nyamuk, namun juga mengusir serangga lainnya seperti lalat, kutu daun, hingga cacing tanduk tomat.

7. Lemon Balm

Manfaat lemon balm biasanya untuk mengurangi stres agar segera tertidur. Namun fungsi lain lemon balm juga bisa mengusir nyamuk.

Aroma yang menenangkan untuk manusia, justru sangat tidak disukai oleh nyamuk karena mengandung sitronela.

8. Rosemary

Rosemary memiliki aroma mirip minyak kayu putih. Biasanya digunakan untuk bahan memasak.

Namun rosemary juga bisa mengusir nyamuk dan dikenal tahan di segala cuaca. Tanaman yang tumbuh tinggi ini dapat Anda ambil sedikit bagiannya, lalu letakkan di vas bunga. Letakkan di tempat-tempat rawan nyamuk seperti sudut ruangan dan dekat jendela.



Sumber : detik.com

0 comments: