8 Wisata Alam Hidden Gem Khas Gunungkidul, Cocok Buat Kamu yang Berencana Healing di Akhir Pekan!

Senin, Oktober 31, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

8 Wisata Alam Hidden Gem Khas Gunungkidul, Cocok Buat Kamu yang Berencana Healing di Akhir Pekan!
Wisata Gunungkidul - (SuaraJogja.id/Julianto)

Suara.com - Liburan ke Kabupaten Gunungkidul di Provinsi DI Yogyakarta bisa jadi pilihan yang tepat untuk habiskan akhir pekan. Apalagi, jika kamu termasuk orang yang suka berkegiatan di alam untuk healing.

Di Gunungkidul ada sejumlah destinasi alam prioritas yang menjadi The Ultimate Hidden Gem, lho. Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta mengatakan, dengan kampanye Hidden Gem tersebut, destinasi pilihan itu memiliki keindahan alam yang memanjakan mata.

Berikut delapan destinasi alam Hidden Gem di Gunungkidul yang bisa dijadikan tempat healing.

1. Pantai Wediombo

Lokasinya ada di sisi timur Gunungkidul, tepatnya di Jepitu, Girisubo. Pantai Wediombo termasuk salah satu dari 13 geosite di Gunungkidul yang memiliki sejarah geologi terbentuknya gunung api purba dari dasar laut. Di pantai itu juga terdapat laguna yang bisa digunakan untuk berenang. Ombak air laut yang relative stabil menjadikan pantai ini tempat yang cocok untuk olahraga selancar air.

2. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat terbilang unik lantaran tidak memiliki hamparan pasir seperti pantai pada umumnya. Sebagai gantinya, di pantai Kesirat terdapat tebing karang yang dihiasi rumput dan pepohonan yang menambah panorama di sekitarnya. Lokasinya ada di Dusun Karang, Desa Girikarto, kecamatan Panggang.

3. Pantai Jungwok

Hamparan pasir putih siap menyapamu saat berkunjung ke pantai Jungwok. Ditambah air laut yang biru cerah membuat pemandangan makin dimanjakan saat menikmati suara deburan ombak. Dibeberapa area bibir pantai, terdapat batu-batu ukuran kecil hingga sedang sehingga sebaiknya hati-hati saat berjalan. Lokasi pantai Jungwok berada di Kalurahan Jepitu, Girisubo.

4. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran terkenal dengan pemandangan alam yang eksotis dengan keunggulan pesona budayanya. Bangunan yang menonjol di pantai Ngobaran yaitu Pura untuk tempat ibadah umat Hindu. Nuansa Bali sangat terasa saat berlangsung upacara keagamaan umat Hindu di pura pantai Ngobaran. Lokasinya beradi di Kanigoro, Saptosari.

5. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo berada di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, dekat dengan Pantai Siung atau juga berjarak 80 km dari kota Yogyakarta. Dalam bahasa Jawa, kata wedi berarti pasir dan ombo berarti luas. Mudah ditebak bila pantai ini memang memiliki hamparan pasir yang luas. Pantai ini termasuk daerah konservasi karena menjadi tempat penyu bertelur.

6. Bukit Pengilon

Wisata bukit Pengilon menawarkan perpaduan pantai selatan dan perbukitan. Dari atas undakan bukit, pengunjung bisa melihat hamparan laut berwarna biru juga suara ombak. Dua di antaranya akan terlihat Pantai Banyu Nibo dan Pantai Siung. Pemandangannya selalu disebut mirip dengan destinasi luar negeri.

7. Pantai Ngrawe atau Pantai Mesra

Pantai Ngrawe atau pantai Mesra menawarkan rekreasi berupa taman. Sebelum masuk ke kawasan pantai, pengunjung akan disambut dengan taman yang yang rimbun dan sejumlah bangku serta gazebo. Saat duduk di sana, tentu suara deburan ombak bisa sayup-sayup terdengar dan angin semilir khas pantai. Lokasi pantai Ngrawe terletak di Kemadang, kecamatan Tanjungsari.

8. Pantai Ngobaran

Di pinggir pantai Ngobaran banyak berdiri tebing-tebing tinggi. Pemandangan yang tersaji di sana tidak hanya hamoaran laut luas berwarna biru. Tetapi, saat air laut surut akan terlihat alga atau rumput laut berwarna hijau dan cokelat yang tumbuh di sela-sela karang.

Sumber : suara

0 comments: