9 Kriteria yang Wajib Diperhatikan Saat Memilih Partner Bisnis

Kamis, Oktober 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

9 Kriteria yang Wajib Diperhatikan Saat Memilih Partner Bisnis
Ilustrasi partner bisnis. (Pexels/Andrea Piacuadio)

Suara.com - Ketika memutuskan menjadi seorang entrepreneur, Anda mungkin membutuhkan partner bisnis untuk berbagai alasan, misalnya sebagai penyokong dana, untuk memenuhi persyaratan hukum, atau karena beban pekerjaan yang terlalu banyak. Namun, memilih partner bisnis tidak bisa sembarangan.

Memilih partner bisnis membutuhkan penilaian yang sangat cermat untuk menghindari konflik di masa depan. Jangan sampai Anda memilih mitra bisnis yang salah, yang akan berimbas pada kemajuan usaha yang dirintis.

Melansir dari The Balance Money, berikut ini adalah 9 kriteria yang harus Anda perhatikan ketika memilih partner bisnis.

1. Punya semangat berbisnis

Salah satu faktor kunci yang harus dimiliki oleh partner bisnis adalah semangat. Ingatlah bahwa dalam bisnis, waktu adalah uang. Jadi, ketika mencari mitra bisnis, disarankan untuk mencari seseorang yang bersedia mengerahkan segala dayanya di perusahaan yang telah Anda bentuk. Carilah seseorang yang bersedia mengorbankan waktu dan menjadikan bisnis Anda sebagai prioritas utama.

2. Memiliki visi yang sama

Akan sangat mudah bagi Anda untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan jika Anda bekerja dengan seseorang yang memiliki visi sama dengan Anda. Hal ini akan membuat Anda berdua akan berkomitmen melakukan apa saja untuk memastikan bahwa visi tersebut tercapai dalam waktu yang ditentukan.

3. Punya koneksi yang luas

Jika Anda awam dalam bisnis, sebaiknya tidak mencari partner amatir yang tidak tahu apa-apa dalam bisnis. Carilah seseorang yang punya koneksi luas dalam bidang yang ingin digeluti, atau seseorang yang tahu di mana mendapatkan barang dengan harga rendah, atau di mana menjual barang dengan harga yang relatif lebih tinggi.

4. Berpengalaman

Jika Anda belum pernah memasuki jenis bisnis yang ingin Anda mulai, sebaiknya jangan melibatkan mitra yang memiliki pengalaman minim juga. Pengalaman dalam bisnis sangat penting, terutama dalam hal penilaian risiko dan minimalisasi biaya. Carilah partner yang memiliki pengalaman di bidang bisnis, karena ini benar-benar akan membantu Anda setiap kali Anda menghadapi kesulitan.

5. Kreatif

Salah satu hal utama yang mungkin membuat bisnis Anda sukses adalah keunikan yang Anda tawarkan ke pasar. Untuk memunculkan keunikan itu, ada baiknya Anda memiliki seseorang yang kreatif dan memiliki kemampuan untuk memunculkan ide-ide segar demi kemajuan perusahaan.

6. Memiliki manajemen keuangan yang baik

Tidak ada bisnis yang dapat dijalankan tanpa kekuatan finansial, dan tanpa stabilitas keuangan, perusahaan pasti akan gagal. Oleh karena itu, sebagai seorang wirausahawan, sebaiknya pilihlah partner bisnis yang memiliki manajemen keuangan yang baik.

7. Tidak takut dengan risiko

Pilihlah seseorang yang memiliki toleransi risiko yang tinggi. Bisnis tanpa risiko tidak akan berkembang pesat. Terkadang, Anda akan menemukan situasi tertentu yang mengharuskan Anda keluar dari zona nyaman dan mempertaruhkan uang Anda. Jika Anda mencari seseorang yang suka bermain aman, Anda mungkin tidak akan mendapatkan apa-apa. Jadi, Anda harus memiliki pasangan yang dapat menyeimbangi Anda, yaitu mampu mengambil risiko namun juga sekaligus berhati-hati.

8. Mampu mengambil keputusan

Bisnis yang sukses adalah hasil dari keputusan yang baik. Jadi, penting untuk memiliki partner bisnis yang mampu membuat keputusan dengan baik, yaitu seseorang yang mampu melakukan analisis terhadap segala situasi yang berbeda-beda.

9. Jujur dan dapat dipercaya

Partner bisnis yang jujur dan dapat dipercaya adalah kunci untuk memiliki usaha yang sangat sukses. Pilih partner yang sudah Anda kenal cukup lama untuk menghindari masalah kepercayaan dan kejujuran di kemudian hari ketika bisnis sudah mapan

Sumber : suara

0 comments: