Bak Arsitek Handal, Berikut 3 Sarang Burung Paling Unik di Dunia

Jumat, Oktober 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Bak arsitek handal, berikut 3 sarang burung paling unik di dunia (Foto: Wikimedia Commons)

 Burung ternyata mampu bikin desain sarang yang unik, hasil karya mereka bak arsitek handal. Sedikitnya, ada tiga sarang burung yang paling unik di dunia.

Meski burung-burung tersebut membuat sarangnya dari bahan-bahan sederhana, seperti tanting dan dedauanan, mereka juga punya kemampuan untuk membangun rumah sendiri dengan bentuk yang keren.

Lantas, apa tiga sarang burung yang paling unik di dunia? Diolah dari kanal Youtube iNews Variety Show, Jumat (14/10/2022), berikut paparanya.

1. Sarang Burung Penduline Tit

Berbentuk seperti buah pir yang menggantung di ranting pohon. Sarangnya pun dibuat dari wol, bulu hewan, jaring laba-laba, serta tanaman yang lunak.

Sarang burung ini, sepenuhnya tertutup dan sangat berbeda dari sarang burung pada umumnya, karena hanya menyisakan pintu kecil sebagai pintu masuk.

Uniknya lagi, sarang burung ini membuat pintu masuk palsu di bagian atas sarangnya yang berfungsi agar burung Penduline Tit dapat mengecoh para predatornya.

Sarang ini sendiri berfungsi melindungi telur-telur miliknya yang menetas dalam waktu 13 sampai 14 hari.

2. Sarang Burung Montozuma Oropendola

Dari jauh kita seolah melihat sarang burung Montozuma Oropendola sebagai buah yang menggantung di pohon, sarang ini bisa ditemukan di pohon Pulau Karibia yang dibangun burung betina dengan batang dan ranting.

Sarang burung ini, dibangun di pohon yang tinggi dan terisolasi kira-kira dengan ketinggian 12 sampai 30 meter. Sarangnya yang sangat tinggi bagaikan terisolasi dari dunia yang berbeda, termasuk dari para predator.

Meskipun sarang burung Montozuma Oropendol sangat tinggi, hal tersebut tidak menjadi masalah bagi burung yang satu ini. Karena sarang yang aman ini dapat digunakan untuk para betina yang akan bertelur dua butir setiap musim kawinnya.

3. Sarang Burung Sosiable Weaver

Burung yang satu ini memiliki kemampuan yang luar biasa dalam membuat sarang miliknya. Meski berukuran mungil, Sosiable Weaver bisa membangun sarang yang megah dan mewah.

Dan proses pembuatan sarang burung ini pun bekerja sama dengan kelompoknya. Burung ini membuat sarang berukuran besar sehingga bisa digunakan oleh banyak burung sekaligus.

Sesuai dengan namanya, burung Sosiable Weaver merupakan burung yang suka bersosialisasi. Burung asal Afrika Selatan ini memiliki sarang komunal terbesar dari seluruh spesies burung yang ada di dunia.

Uniknya, sarang ini sendiri mampu menampung lebih dari 100 burung Sosiable Weaver, melindungi mereka dari predator serta menjaga suhu tetap sejuk di tengah teriknya benua Afrika.

Itulah tiga sarang burung dengan desain paling unik yang ada di dunia. Semoga menambah wawasan Anda.

Sumber : okezone.com

0 comments: