Bisnis Kebersihan Rumah Tangga via HP Mulai Menjamur, Ini Contohnya

Selasa, Oktober 18, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta - Blau Smart Cleaner, selaku one stop solution untuk home cleaning service, menjamin para Professional Cleaner Blau memiliki berbagai keahlian kebersihan rumah tangga yang menyeluruh dan dilengkapi dengan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Berbeda dengan home cleaning service lain, seluruh jasa kebersihan Blau Smart Cleaner dilakukan oleh Professional Cleaner yang telah melalui training intensif untuk menjaga mutu dan kualitas layanan.

"Kami melakukan in house training untuk basic cleaning bagi para calon Professional Cleaner. Kemudian, kami bekerja sama dengan partner yang bergerak di bidang pelatihan cleaning service untuk memberikan kursus mengenai metode pembersihan secara lebih mendalam. Setelah itu, mereka bisa mengambil sertifikasi BNSP," jelas Priyan Abdi Firdaus, selaku Founder dan Chief Executive Officer Blau Smart Cleaner

Selama proses training, calon Professional Cleaner juga diberikan kesempatan untuk mempraktikkan keahliannya langsung di lapangan dengan status sebagai Trainee. Setelah lulus kursus dan mendapatkan sertifikat, mereka akan menjadi Junior Cleaner, serta mendapatkan kesempatan untuk memiliki jenjang karier sebagai Senior Cleaner.

Melalui proses tersebut, Professional Cleaner di Blau Smart Cleaner memiliki status sebagai pegawai, bukan sekadar mitra kerja. Priyan menambahkan bahwa salah satu tujuan Blau Smart Cleaner adalah menciptakan lapangan pekerjaan baru yaitu Professional Cleaner. "Mereka

bukan mitra atau asisten rumah tangga (ART), tapi partner yang bisa menyelesaikan segala masalah kebersihan rumah tangga klien," lanjutnya.
Dian Mustopa, menceritakan bahwa sebelumnya ia bekerja sebagai kuli panggul di pasar. Setelah mendapatkan pelatihan dari Blau Smart Cleaner, sekarang ia menikmati profesinya sebagai Professional Cleaner.

"Saya belajar banyak keterampilan baru di sini, baik keahlian umum dalam membersihkan rumah, dan cara menangani masalah kebersihan rumah tangga berbeda yang dialami setiap klien," ujar Dian yang sudah bekerja selama satu tahun di Blau Smart Cleaner.

Dalam menjaga kepuasan dan keamanan rumah pelanggan, Blau Smart Cleaner menjalankan Standard Operating Procedure (SOP) yang menyeluruh di awal dan akhir proses pembersihan. Mulai dari quality control mengenai area dan barang yang dibersihkan oleh Professional Cleaner, alat-alat yang digunakan, serta customer service yang akan meminta feedback layanan dari pelanggan.

"Professional Cleaner di Blau Smart Cleaner adalah pegawai yang sudah melalui serangkaian training, sehingga kami bisa memastikan mereka menjalani prosedur pembersihan secara aman. Sebab, Blau Smart Cleaner tidak hanya membersihkan rumah, tapi juga selalu berusaha memuaskan pelanggan," tegas Priyan.

"Fokus Blau Smart Cleaner adalah menawarkan solusi bagi setiap masalah kebersihan rumah tangga secara profesional dengan harga yang terjangkau. Kami berharap Blau Smart Cleaner bisa mengubah stigma bahwa ART bukan hanya "pembantu", melainkan partner masyarakat untuk menyelesaikan masalah kebersihan rumah tangga," tutup Priyan.


Sumber : detik.com

0 comments: