Blusukan ke Kampung Badui, Sandiaga Uno: Potensi Wisata Lebak Luar Biasa!

Senin, Oktober 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menilai potensi destinasi wisata Kabupaten Lebak, Provinsi Banten itu luar biasa dan bisa mendatangkan wisatawan domestik serta mancanegara.

"Kami melihat potensi wisata Lebak itu luar biasa dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Sandiaga saat berkunjung Desa Wisata Saba Budaya Badui di pedalaman Kabupaten Lebak, Sabtu kemarin.

Potensi wisata Kabupaten Lebak kata dia, memiliki keunggulan dengan alamnya yang masih alami, seperti terdapat destinasi wisata air panas dan pegunungan 'negeri di atas awan'.

Selain itu juga wisata budaya masyarakat Badui dan Pantai Sawarna cukup menarik dan sudah mendunia.


Menparekraf Sandiaga Uno

Bahkan, dirinya lebih berkesan di lokasi penanaman padi huma masyarakat Badui terdapat kolecer untuk mengetahui arah angin.

Karena itu, pihaknya optimis potensi sektor pariwisata Kabupaten Lebak dapat membangkitkan ekonomi nasional dan itu mampu menyerap lapangan pekerjaan.

"Kami mendorong destinasi wisata Lebak maju dan berkembang," papar mantan Wagub DKI Jakarta ini.

Sementara, Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengatakan, pemerintahan daerah memiliki kebijakan misi dan visi untuk membangun destinasi wisata karena didukung potensi alam dapat meningkatkan tarap hidup pendapatan ekonomi masyarakat.



Sebab, kebijakan pemerintah daerah membangun sektor pariwisata karena memiliki daya ungkit cukup besar untuk mendongkrak pendapatan ekonomi masyarakat, dimana di lokasi wisata tersebut tumbuh dan berkembang pelaku UMKM.

Saat ini, Kabupaten Lebak memiliki 27 destinasi wisata unggulan terdiri dari wisata alam, wisata religi, wisata budaya, dan wisata buatan.

Dengan demikian, pihaknya berharap Menparekraf Sandiaga dapat membantu promosi destinasi wisata di Kabupaten Lebak, sehingga pariwisata mampu membangkitkan ekonomi masyarakat setempat.

Menparekraf Sandiaga Uno

Berdasarkan data kunjungan wisatawan ke Kabupaten Lebak sampai September 2022 mencapai 756.500 wisatawan terdiri dari 756.189 wisatawan domestik dan 311 wisatawan mancanegara, sedangkan tahun 2021 sebanyak 400 wisatawan.

"Kami optimis target kunjungan wisatawan tahun 2022 sebanyak 875.000 wisatawan domestik dan mancanegara terealisasi," kata Iti Octavia.


Sumber : OKEZONE 

0 comments: