China Buka Border Untuk Pelajar Internasional, Untuk Turis Belum Bisa

Senin, Oktober 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Foto: Tangkapan Layar (TikTok @fransiscusario)

Jakarta - China termasuk salah satu negara yang masih menerapkan aturan ketat terkait kedatangan dari luar negeri. Kini, mulai membuka bordernya pelan-pelan.
Salah satu kebijakan itu adalah China belum membuka bordernya untuk kunjungan wisata. Tetapi, sudah buka pintu untuk mereka yang memiliki kepentingan khusus seperti bekerja dan belajar sudah diperbolehkan untuk masuk.


Beberapa waktu lalu, seorang mahasiswa asal Indonesia membagikan pengalaman perjalanannya dari Indonesia ke China di media sosial. Dalam video tersebut dijelaskan syarat serta protokol apa saja yang perlu dipenuhi untuk bisa terbang dari Indonesia ke China.

Mahasiswa tersebut bernama Franciscus Ario yang tengah menempuh pendidikan sarjana di University of Nottingham, China. Melalui akun TikToknya ia membagikan dua video perjalanannya.

"Iya, saya pergi ke China untuk kuliah. Saat ini saya kuliah di University of Nottingham, Ningbo, China," kata Ario saat dihubungi detikTravel, Kamis (29/9/2022).

Salah satu videonya memperlihatkan suasana terkini di Bandara Hangzhou. Dalam video tersebut tampak seluruh penumpang serta petugas bandara mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Kemudian suasana di bandara juga tampak lengang.

"China udah open border ya buat student!!" begitu tulis Ario dalam caption unggahannya.

Pengalaman melakukan perjalanan dari Indonesia ke China. Foto: Tangkapan Layar (TikTok @fransiscusario)

Berkaitan dengan dibukanya border untuk pelajar ini, Ario mengungkapkan bahwa China memang baru membuka bordernya untuk seluruh mahasiswa internasional di semester ini.

"Sebenarnya, kalau students dari Taiwan, Macao, Hong Kong, dan Korea sudah bisa kembali sejak September 2020. Hanya saja China baru membuka border students untuk semua negara sejak bulan ini," ujarnya.

Setelah ditelusuri, ternyata China memang baru membuka kembali perbatasannya untuk pelajar serta mereka yang memiliki izin bisnis pada 22 Agustus lalu.

"22 Agustus: pelajar asing yang memegang izin tinggal pelajar yang valid sekarang sudah dapat memasuki China. Permohonan visa X1 juga sudah dapat dilakukan. Orang-orang yang memegang kartu perjalanan bisnis APEC yang valid dengan tujuan untuk melakukan kegiatan bisnis di China juga dapat memasuki China secara langsung menggunakan kartu APEC tersebut," begitu update informasi yang ditulis laman China Highlights.


Sumber : detik.com

0 comments: