China-Korea Utara Serukan Persatuan dan Kerja Sama Jelang Kongres PKC

Senin, Oktober 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Presiden China Xi Jinping menyatakan negaranya dan Korea Utara terus meningkatkan hubungan baik, seperti komunikasi, persatuan, dan kerja sama. ( Simon Song/South China Morning Post via Getty Images)

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden China Xi Jinping menyatakan negaranya dan Korea Utara terus meningkatkan hubungan baik, seperti komunikasi, persatuan, dan kerja sama.

Hal tersebut ia ungkapkan melalui surat kepada Pimpinan Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un.

Dilansir dari Reuters, Minggu (16/10), surat itu merupakan tanggapan atas ucapan selamat yang dikirimkan Kim untuk Kongres ke-20 Partai Komunis China (PKC).

Xi Jinping berkomitmen Negeri Tirai Bambu siap memperkuat hubungan dengan Korea Utara demi kesejahteraan rakyat di kedua negara tersebut.

"Memberikan kontribusi besar untuk menyediakan kebahagiaan yang lebih besar bagi kedua negara dan rakyatnya serta mempertahankan perdamaian dan stabilitas di kawasan dan seluruh dunia," tulis Xi Jinping dalam surat tersebut.

Dukungan itu juga disampaikan ketika Korea Utara telah menguji sejumlah rekor rudal balistik dan telah membuat persiapan untuk melanjutkan uji coba nuklir untuk pertama kalinya sejak 2017.

Korea Utara mengatakan kegiatan militer terbarunya, yang juga mencakup latihan artileri dan penerbangan dengan pesawat tempur, sebagai tanggapan atas unjuk kekuatan oleh Korea Selatan dan Amerika Serikat yang telah menggelar latihan militer mereka sendiri untuk memprotes uji coba yang dilakukan Korea Utara.

PKC bakal menyelenggarakan kongres lima tahunan pada Minggu (16/10) ini.

Dalam kongres tersebut, Xi Jinping diprediksi akan tetap menjabat posisinya untuk periode ketiga.

Sementara itu, Perdana Menteri Li Keqiang diprediksi bakal lengser pada Maret, dan kongres ini menjadi salah satu ajang penentuan penggantinya.

Kongres ini juga bakal membahas Komite Tetap Politbiro PKC, salah satu badan tertinggi partai tersebut.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: