Euforia India soal PM Inggris Pertama yang Beragama Hindu Rishi Sunak

Jumat, Oktober 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Rishi Sunak jadi PM Inggris. (AP/David Cliff)

Jakarta, CNN Indonesia -- Pengangkatan Rishi Sunak sebagai Perdana Menteri (PM) baru Inggris menjadi sejarah yang menggembirakan bagi India.

Pasalnya, Sunak merupakan PM Inggris pertama yang keturunan India dan beragama Hindu.

Surat kabar berbahasa Hindi terbesar di India, Dainik Bhaskar bahkan secara gamblang menyambungkan pengangkatan Sunat dengan festival cahaya alias Diwali.

"Hadiah Diwali lainnya untuk negara. Rishi yang keturunan India memimpin orang kulit putih," kata Dainik Bhaskar, dikutip dari CNN.


Perdana Menteri India Narendra Modi menyarankan hal itu dalam sebuah tweet yang menyambut penunjukan Sunak.

"Doa khusus Diwali untuk 'jembatan hidup' orang India Inggris, saat kami mengubah ikatan bersejarah kami menjadi kemitraan modern," cuit Modi melalui media sosial Twitter.

Sejarah kelam penjajahan Inggris terhadap India tak luput jadi sorotan terkait posisi pemimpin pemerintahan yang kini Sunak emban.

Hubungan antara Inggris dan India rumit. Banyak orang India yang tak melupakan sejarah negaranya demi meraih kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1947 silam. Terlebih, karena nyawa-nyawa yang melayang akibatnya.

Di sisi lain, Sunak juga sempat memamerkan identitas dirinya sebagai orang India Inggris dan memeluk agama Hindu. Sebagaimana dilansir dari CNN, pernyataan tersebut disampaikan Sunak dalam sebuah wawancara dengan Business Standard pada 2015 lalu.

"(Pilihan) British Indian adalah apa yang saya centang pada sensus, kami memiliki kategori untuk itu. Saya benar-benar orang Inggris, ini adalah rumah dan negara saya, tetapi warisan agama dan budaya saya adalah orang India, istri saya orang India. Saya terbuka soal menjadi seorang Hindu," ujar Sunak kala itu.

Sunak resmi jadi PM Inggris setelah menyabet restu Raja Charles III di Buckingham Palace, Selasa (25/10). Ia resmi menjadi perdana menteri kelima Inggris dalam enam tahun belakangan.

Sunak diketahui menggantikan Liz Truss yang menyatakan mundur dari posisi PM pada hari ke-45 menjabat.

Sebelum menjadi PM, Sunak pernah duduk di bangku Menteri Keuangan di era PM Boris Johnson.

Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: