Hari Mata Sedunia, Ini 3 Tips Merawat Penglihatan!

Jumat, Oktober 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Hari Mata Sedunia (Foto: New York Amsterdam News)


MEMPERINGATI hari mata sedunia yang jatuh pada hari ini (13/10), mengingatkan siapapun untuk menjaga kesehatan mata.

Kementerian Kesehatan mengungkap ada langkah untuk menjaga kesehatan mata, apa saja?

Melansir dari lama resmi Kemenkes, terdapat 3 langkah menjaga kesehatan mata, antara lain,

1. Hindari paparan langsung sinar matahari, untuk kesehatan mata. Disampaikan harus menghindari paparan sinar matahar dan menggunakan menggunakan pelindung kacamata saat berada di luar ruangan maupun saat berkendara.

2. Terapkan 20-20-20, kondisi mata yang lama bekerja di depan monitor selama 20 menit bisa membuat lelah. Disarankan untuk memalingkan mata selama 20 detik dengan melihat objek sejauh 20 meter.

3. Menjaga kebersihan mata serta tidak menggosok mata.

Selain ketiga hal di atas, Kemenkes mengimbau untuk tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Serta melakukan pemeriksaan ke dokter mata, jika mengalami gangguan.

"Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta melakukan pemeriksaan ke dokter mata saat mengalami gangguan penglihatan. Bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat, agar tidak menjadi masalah penglihatan yang jauh lebih buruk," keterangan dalam website dikutip Kamis (13/10/2022).

Sementara menurut WebMD, pemeriksaan mata secara teratur ke dokter sangat dianjurkan sebagai langkah melindungi mata. Hingga deteksi penyakit lain yang bisa mengganggu kesehatan mata, seperti glaukoma.

"Pemeriksaan mata juga dapat menemukan penyakit, seperti glaukoma , yang tidak memiliki gejala. Penting untuk mengenalinya sejak dini, saat mereka lebih mudah diobati," keterangan dalam website WebMD.

Sumber : okezone.com

0 comments: