HomeCitizen6 6 Tempat Horor di Indonesia yang Pernah Viral Pada Masanya, Hiii Seram

Senin, Oktober 31, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki banyak legenda urban dan cerita hantu. Karena sejumlah wilayah dari negara ini diduga memiliki tempat berhantu.

Sering kali dengan banyak cerita seram atau horor, melibatkan semacam tragedi dalam sejarah kehidupan masyarakatnya

Cerita-cerita seram yang beredar tersebut bukan membuat orang menjadi takut, namun malah bikin penasaran hingga wisatawan tertarik untuk berkunjung.

Indonesia memiliki tempat yang menarik dan menawan untuk dijelajahi, salah satunya adalah tempat wisata yang memiliki cerita seram atau terkenal angker. Mulai dari museum, taman hiburan, bahkan stasiun kereta api.

Kisah horor yang dimiliki tempat wisata di Indonesia memberikan suasana yang lebih seram. Meski begitu, orang tetap saja mengunjungi tempat wisata angker ini untuk melepas rasa penasaran atau sekedar mencari hiburan.

Apalagi di Indonesia sendiri memiliki tempat tempat horor yang sempat viral pada masanya. Berikut melansir thesmartlocal.id beberapa tempat horror bersejarah yang pernah viral pada masanya:

 

1. Terowongan Casablanca, Penampakan Hantu Perempuan

Sebelum kamu berkendara ke Terowongan Casablanca, Jakarta di malam hari, pastikan kamu membunyikan klakson meskipun tidak ada yang menghalangi jalan kamu.

Bedasarkan pengalaman warga, ada yang melihat penampakan kuntilanak, yang merupakan hantu seorang wanita muda yang diperkosa dan dibunuh di daerah tersebut.

Seorang pengemudi diminta untuk membunyikan klakson untuk "meminta izin" untuk memasuki terowongan. Sejumlah kecelakaan yang terjadi di kawasan itu konon disebabkan kuntilanak yang tiba-tiba muncul di depan kendaraan.

Selain itu, ada juga yang melaporkan penampakan hantu pria yang meninggal karena bunuh diri di dalam terowongan. 

Dikatakan bahwa dia gantung diri di terowongan menggunakan spanduk terlipat, dan arwahnya telah menghantui terowongan sejak itu.

2. Seribu Pintu: Lawang Sewu, Semarang

Secara luas dikatakan sebagai tempat paling angker di Indonesia, Lawang Sewu terkenal karena ditampilkan dalam episode terakhir dari serial TV paranormal lokal, di mana sebuah penampakan terekam dalam video.

Beberapa hari kemudian, rumor menyebar secara online bahwa salah satu peserta telah meninggal secara misterius.

Berada tepat di jantung kota Semarang, Lawang Sewu menandai keberhasilan Belanda di Indonesia. Kaya akan suasana era kolonial, bangunan itu sendiri adalah bagian dari arsitektur yang megah dan keajaiban modern pada waktu itu. 

Terowongan bawah tanah yang dibuat untuk mendinginkan bangunan juga berfungsi sebagai lorong yang menghubungkannya dengan kediaman Gubernur dan pelabuhan.

Pada masa Pendudukan Jepang, Lawang Sewu digunakan sebagai markas mereka di Semarang. Terowongan bawah tanah Gedung B berfungsi sebagai penjara di mana narapidana disiksa secara brutal, dan kepala mereka yang dipenggal ditumpuk di sudut ruang bawah tanah.

Naiki beberapa set tangga dan kamu mungkin merinding. Hantu seorang gadis yang bunuh diri untuk menghindari siksaan dikatakan berkeliaran di menara, seringkali menampakan dengan kaki melayang dari tanah.

3. Menara Saidah

Menara Saidah di Jalan MT Haryono, Jakarta pernah viral di Twitter karena cuitan dari netizen yang mengaku jika ada aktivitas banyak orang di bangunan tersebut. Padahal gedung ini telah kosong sejak 2007 dan tidak ada orang lagi yang mau ke gedung tersebut.

Menara ini dulunya ditinggalkan karena kondisi konstruksinya yang miring, sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan orang-orang yang berkegiatan di gedung tersebut. Karena sudah tidak digunakan, maka berderalkah banyak cerita horor di tempat ini.

Salah satu ceritanya mengenai seorang satpam yang pernah dimintai tolong oleh seorang wanita berbaju merah, ia meminta diantarkan ke lantai 14. Namun setelah di lantai 14 wanita tersebut menghilang, bahkan sang satpam ditemukan pingsan di lift.

Cerita horor berikutnya berasal dari driver ojek online yang mengaku mendapatkan orderan dari Lobby Menara Saidah. Ada pula seseorang yang menerima undangan interview kerja yang lokasi interview nya berada di Menara Saidah.

4. Lubang Keputusasaan dan Ketidakadilan Berdarah: Lubang Buaya, Jakarta

Sebuah monumen yang dibangun untuk memperingati sejarah berdarah Indonesia, Lubang Buaya adalah tempat pembunuhan brutal tujuh Jenderal Angkatan Darat oleh Partai Komunis pada 1965.

Ini menandai titik balik besar dalam pemerintahan Indonesia sebagai acara yang dipimpin untuk kudeta Presiden Soekarno, dan militer mengambil alih negara.

25 tahun kemudian, sebuah museum dibuka untuk mengedukasi masyarakat tentang peristiwa yang terjadi di Lubang Buaya. Diorama seukuran lilin memerankan kembali bagaimana para Jenderal diseret keluar dari rumah mereka dan dibantai.

Di tengah monumen terdapat sebuah sumur kecil, tempat mayat tujuh Jenderal yang dimutilasi dilemparkan.

Tragedi tersebut memicu banyak kontroversi, mulai dari film-film propaganda terlarang yang dulunya wajib di sekolah, hingga keterlibatan CIA yang mengaburkan kebenaran yang sebenarnya terjadi.

Mungkin itulah alasan mengapa tangisan jiwa-jiwa yang resah di Lubang Buaya masih bisa terdengar dari dalam sumur, hingga langkah kaki yang menggema di lorong-lorong di malam hari. 

Bahkan, konon beberapa pakaian yang dipajang masih berbau darah.

5. Jembatan Ancol

Ini adalah tempat di mana kamu ingin memastikan untuk membunyikan klakson saat mengemudi, berkat cerita horor di baliknya. 

Jembatan Ancol yang terletak di sepanjang Jalan RE Martadinata, Ancol, Jakarta Utara ini juga dikenal dengan sebutan Jembatan Goyang karena pengendara yang mengendarainya sering merasakan sensasi goyang.

Mirip dengan mitos Terowongan Casablanca, kisah di balik Jembatan Ancol melibatkan seorang wanita muda bernama Maryam, yang dikatakan telah diperkosa dan dibunuh oleh beberapa pria dan tubuhnya dibuang ke bawah jembatan. 

Hantunya, yang dikenal sebagai Si Manis Jembatan Ancol (“Wanita Manis dari Jembatan Ancol”), dikatakan telah menghantui daerah itu sejak itu.

Mitos tersebut kembali menarik perhatian pada 1990-an ketika sebuah acara TV berdasarkan legenda, juga disebut Si Manis Jembatan Ancol.

6. Rumah Pondok Indah

Siapa pun yang tumbuh di Jakarta akrab dengan Rumah Pondok Indah yang terkenal, sebuah properti besar yang ditinggalkan yang dulu berdiri tegak di pinggiran Pondok Indah yang makmur di Jakarta Selatan. 

Meskipun rumah itu dihancurkan pada 2008, legenda yang terkait dengannya masih berdiri hingga hari ini.

Dikatakan bahwa pada masa kejayaan rumah pada1980-an, sebuah perampokan terjadi di sana, yang mengakibatkan kematian satu keluarga orang asing yang tinggal di sana dan pembantu mereka.

Hantu mereka dikatakan telah menghantui rumah sejak itu. Beberapa saat setelah pembunuhan, seorang penjual nasi goreng dilaporkan masuk ke rumah setelah menerima perintah dari seseorang di dalam, dan tidak pernah keluar lagi.

Rumah itu telah dijual dan dibeli beberapa kali sejak itu, tetapi tidak ada penghuni yang tahan untuk tinggal lama di rumah, dilaporkan karena penampakan hantu.

Legenda urban rumah Pondok Indah begitu terkenal sehingga pada tahun 2006 sebuah film tentang rumor yang terkait dengannya, Rumah Pondok Indah.

Sumber : liputan6

0 comments: