Keindahan Pantai Amed dan Lokasi Diving Favorit

Selasa, Oktober 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Bali memiliki banyak sekali tempat wisata, salah satu yang paling terkenal adalah pantai. Maka jangan heran kalau pulau Dewata banyak dijadikan sebagai destinasi wisata oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Nah, tahu nggak detikers kalau ada salah satu pantai yang menawarkan keindahan namun tak banyak dikunjungi banyak orang? Pantai tersebut bernama Amed. Memang, pantai ini tak setenar pantai Kuta, Pandawa, atau Sanur, akan tetapi pantai Amed menawarkan keindahan dan menjadi tempat favorit untuk diving.

Lantas, apa saja daya tarik pantai Amed selain menawarkan pemandangan yang indah? Lalu bagaimana cara menuju ke pantai Amed? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini yuk detikers.

Dilansir situs Disbudpar Karangasem, pantai Amed berada di kawasan Bali Timur, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Bila detikers ingin pergi ke pantai Amed dari kota Amlapura, dibutuhkan waktu sekitar 30-40 menit dengan menggunakan mobil. Kalau detikers pergi ke pantai Amed dari kota Denpasar, dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan mengendarai mobil.

Daya Tarik Pantai Amed
Sama seperti puluhan pantai lainnya yang ada di Bali, pantai Amed juga menawarkan pemandangan yang indah dan air laut yang biru. Namun tak hanya itu saja detikers, ada sejumlah daya tarik lainnya dari pantai Amed yang wajib kamu coba. Apa saja? Simak di bawah ini yuk.

1. Tempat Diving Favorit
Perairan laut Amed terkenal dengan keindahan biota bawah laut yang bagus karena terjaga dengan baik. Maka dari itu, banyak wisatawan yang pergi ke pantai Amed agar bisa melihat keindahan terumbu karang.

Oh ya, saat diving di pantai Amed jangan lupa untuk melihat kerangka kapal patroli milik Jepang yang sudah karam sejak Perang Dunia II. Lokasi kapal karam ini juga menjadi spot menarik bagi para wisatawan saat diving di pantai Amed.

2. Cocok untuk Bersantai
Selain itu, pantai Amed cenderung lebih sepi karena jarang wisatawan yang mau berkunjung ke sana. Oleh sebab itu, wisatawan yang datang ke pantai Amed biasanya untuk diving atau sekadar bersantai sambil menikmati suasana tenteram, yang sulit didapatkan jika berkunjung ke sejumlah pantai populer di pulau Dewata.

Aktivitas Menarik di Pantai Amed
Kalau detikers berkunjung ke pantai Amed, jangan sampai melewatkan kesempatan ini untuk melakukan aktivitas yang seru. Dilansir situs Disbudpar Karangasem, berikut sejumlah aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai Amed.

1. Diving
Kawasan pantai Amed terkenal sebagai tempat diving terfavorit karena menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Kalau detikers tidak bisa diving, jangan khawatir sebab di sekitar pantai ada sejumlah pelatih diving yang bisa mengajarkan kamu menyelam.

2. Mengunjungi Desa Amed
Tak jauh dari pantai terdapat sebuah desa bernama desa Amed. Kamu bisa mengunjungi desa Amed dan melihat aktivitas warga sehari-hari yang pada umumnya bekerja sebagai nelayan, peternak, dan petani garam.

3. Bersantai di Pinggir Pantai
Kalau detikers ingin sekadar menikmati pemandangan alam pantai Amed yang indah, kamu bisa bersantai di pinggir pantai sambil menikmati semilir angin. Perlu diketahui, pantai Amed cukup jarang dikunjungi oleh wisatawan sehingga kondisinya lebih tentram dan cocok untuk bersantai.

4. Wisata Kuliner Lokal
Di sekitar pantai Amed sudah banyak berdiri restoran dengan menawarkan masakan khas Bali. Maka dari itu, jangan sampai melewatkan kesempatan ini untuk mencicipi sejumlah makanan tradisional yang menawarkan cita rasa lezat.

Lokasi Diving Favorit di Pantai Amed
Ada sejumlah lokasi diving favorit di pantai Amed yang bisa detikers kunjungi. Dijelaskan dalam buku Bali The Island of Beauty oleh Rijal Fahmi Mohamadi, berikut sejumlah lokasi diving favorit bagi wisatawan.

1. Dekat Bibir Pantai
Sejumlah lokasi diving favorit wisatawan ada yang jaraknya hanya beberapa meter dari bibir pantai. Jadi, detikers cukup berenang dengan menggunakan snorkel set dan kamu sudah bisa melihat keindahan terumbu karang.

2. Kapal Karam
Lokasi diving favorit para wisatawan berada di kapal patroli milik Jepang yang karam sejak Perang Dunia II. Lokasinya berada di Banyuning, untuk melihat kapal karam ini cukup mudah karena hanya berjarak sekitar 20 meter dari bibir pantai, lalu kedalamannya sekitar 2 meter saja.

Selain itu, lokasi diving di sekitar kapal karam juga menawarkan lebih banyak ikan-ikan yang cantik daripada lokasi diving di tempat lain. Sejumlah hewan laut yang bisa detikers lihat saat diving yakni penyu, ikan pari, dan hiu karang.

Sedikit informasi nih detikers, hindari diving pada musim hujan karena jarak pandang bawah air akan sangat buruk. Lalu, suhu air pada saat musim hujan cenderung lebih dingin dari musim panas.

Waktu terbaik untuk diving adalah pagi sampai siang hari. Sebab, angin pagi biasanya lebih tenang dan arus laut juga tidak terlalu kuat.

Cara Menuju Pantai Amed
Dikutip detikTravel, ada banyak cara untuk menuju ke pantai Amed. Kamu bisa menggunakan kendaraan sepeda motor, mobil, maupun transportasi umum.

Kalau detikers mengendarai mobil butuh waktu sekitar 2,5 jam dari kota Denpasar untuk tiba di pantai Amed. Sementara perjalanan menggunakan sepeda motor kira-kira membutuhkan waktu yang tak beda jauh dengan mengendarai mobil karena melalui rute yang sama.

Bila detikers menggunakan transportasi umum, kamu bisa menaiki bus dari terminal Batubulan menuju Amlapura dengan menempuh waktu sekitar 2,5 jam. Setelah tiba di Amlapura, detikers bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bemo sekitar 30 menit untuk tiba di pantai Amed. Tapi perlu diingat, bemo yang menuju pantai Amed maupun sebaliknya hanya tersedia dalam jam-jam tertentu saja.

Nah itu dia detikers penjelasan mengenai pantai Amed serta daya tarik, aktivitas yang menarik, lokasi diving favorit, dan cara menuju ke sana. So, ketika liburan ke Bali sempatkan waktu untuk pergi ke pantai Amed agar bisa melihat keindahan terumbu karang!

Sumber : detik.com

0 comments: