Ketagihan Micin? Coba 3 Tips Ini untuk Jauhkan Anda dari MSG, Dijamin Tokcer!

Jumat, Oktober 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ketagihan micin, (Foto: Shutterstock)

MSG atau lebih terkenal disebut micin memang memberikan cita rasa sedap pada makanan. Fungsinya sebagai penyedap rasa memang rasanya sulit untuk dihindari.

Kurang afdol rasanya jika tidak mengonsumsi makanan dengan micin, contohnya camilan sehari-hari di kala santai. Namun ingat, micin tidak boleh dikonsumsi berlebihan! Kementerian Kesehatan Indonesia merekomendasikan batas aman konsumsi MSG per hari adalah 120 mg/kg berat badan per hari. 

Artinya, jika seseorang dengan berat badan 50 kilogram, tidak boleh mengonsumsi micin lebih dari 6 gram atau sekitar 1 sendok teh per harinya. Batasan ini perlu diperhatikan, karena kelebihan makan micin bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti sakit kepala, hipertensi, pun mual, terutama bagi orang-orang yang sensitif micin.

Lalu bagaimana jika sudah ketagihan? Solusinya hanya satu, yakni berusaha menguranginya. Tenang, da kok tips sederhana namun 'tokcer' untuk Anda yang ingin mengurangi asupan micin, sebagaimana dikutip dari laporan Kobe yang diterima MNC Portal Kamis (13/10/2022).

1. Buat makanan sendiri: Butuh usaha ekstra memang, tapi dengan membuat makanan sendiri, Anda tahu betul berapa takaranan bumbu masak, termasuk MSG alias bumbu penyedap yang dipakai. Selain itu, kita juga bsia menerapkan teknik memasak yang menghasilkan makanan lebih sehat dan tetap sedap. Cobalah teknik memasak seperti memanggang atau merebus untuk memecah kandungan glutamat alami dari bahan makanan yang dimasak, sehingga rasanya lebih gurih. Jika Anda ingin membuat goreng-gorengan, bisa loh pakai produk tepung bumbu yang tanpa MSG. Anda juga bisa memilih minyak yang lebih sehat untuk menggorengnya, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

2. Pakai penyedap alternatif: Ya, manfaatkan bumbu-bumbu masakan lain yang ada di dapur untuk menggantikan MSG, seperti garam dan gula, rempah-rempah, terasi, jamur shitake, maupun kaldu alami seperti air kaldu daging. Semua penyedap alternatif ini, dapat meningkatkan cita rasa masakan, sehingga makanan tetap lezat tanpa micin. Agar khasiat dari rempah-rempah terjaga, pastikan masih segar dan disimpan dengan baik ya!

3. Disiplin pola makan sehat: Tips yang tidak kalah penting adalah disiplin menerapkan pola makan sehat. Percuma saja sudah masak sendiri dengan bumbu alami sebagai penyedap rasa alternatif tapi kebiasaan makan sehat tidak dijalankan secara disiplin. Di samping itu, pastikan juga selalu makan secukupnya saja. Sebab, makan berlebihan punya dampak negatif ke tubuh.

"Semakin Anda terbiasa dengan pola makan sehat dan tidak berlebihan, maka hasrat konsumsi micin atau MSG akan semakin berkurang," bunyi keterangan dalam laporan Kobe.


Sumber : okezone.com

0 comments: