Kisah Sukses Santriwati Jombang Tekuni Dunia Bisnis Sejak Mondok

Selasa, Oktober 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Kisah Sukses Santriwati Jombang Tekuni Dunia Bisnis Sejak Mondok
Novia Zuliatin Fadlilatil Munawaroh atau Ila Novia alumni Pondok Pesantren Darussalam Jombang ini sukses tekuni usaha Make up Artist (MuA) dan jasa sewa kostum karnaval. (FOTO: Dok Ila Novia for TIMES Indonesia)
Pewarta:  | Editor: Ronny Wicaksono

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Tepat pada 22 Oktober di Indonesia selalu diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Tak heran nuansa Jombang Republik Santri mulai awal bulan oktober lalu selalu padat dengan kegiatan ala santri.

Tak ayal Jombang yang terkenal memiliki ratusan Pondok Pesantren sudah banyak mengeluarkan alumni santri yang berhasil dari berbagai bidang profesi. Mulai dari Presiden seperti Gus Dur, Menteri, anggota dewan, Bupati/Wali kota hingga para pengusaha dari kalangan yang berlatar belakang seorang santri.

Pada momen bak hari kemerdekaan bagi para santri ini, TIMES Indonesia telah menemukan salah satu kisah santri putri atau santriwati yang sukses menekuni dunia bisnis sejak ia menempuh pendidikan di Pondok Pesantren.

Santriwati-Jombang-2.jpg

Dialah Novia Zuliatin Fadlilatil Munawaroh. Alumni Pondok Pesantren Darussalam Jombang ini sukses menekuni usaha Make up Artist (MuA) dan jasa sewa kostum karnaval.

Skill dan kemampuan wanita kelahiran Lamongan, 30 Juli 2002 tersebut dalam menekuni bidang tata rias, muncul pada waktu masih mengemban ilmu di Pondok Pesantren. Saat ia mengambil kelas kecantikan di SMK Negeri 2 Jombang.

"Waktu itu ngambil jurusan kecantikan pada saat sekolah formal. Alhamdulillah sekarang pintu rejekinya dibukakan Allah SWT dari situ," katanya kepada TIMES Indonesia.

Perempuan yang akrab disapa Ila Novia itu sedikit menceritakan kisahnya dalam merintis sebuah usaha. Menurutnya, salah satu kunci sukses menjadi santri  enterpreneurship yaitu berani mencoba dan jangan takut untuk gagal.

"Saya yakin semua santri bisa menjadi pengusaha. Sebab, di pondok mereka sudah terbiasa hidup dengan kemandirian. Prinsip dan kepribadian itu yang akan dibawa ketika sudah bermasyarakat seperti halnya saya," jelasnya.

Lebih lanjut Ila Novia menerangkan, saat pertama kali ia mulai menekuni bisnisnya banyak orang yang meragukan kemampuannya. Mengingat ia hanya seorang lulusan pondok pesantren. Namun, usaha demi usaha terus ia lakukan meskipun sesekali pernah gagal juga.

"Banyak yang bilang lulusan pondok bisanya cuma ngaji saja. Namun, semangat saya semakin membara, bahwa santri juga bisa sukses selain ngaji," terang Ila Novia.

Santriwati-Jombang-3.jpg

Usaha yang tak kenal lelah Ila Novia akhirnya terbanyar lunas. Kini Usaha yang ia tekuni mulai menanjak naik. Alhasil dalam satu bulan omset dari MuA dan jasa sewa kostum karnaval miliknya bisa mencapai jutaan rupiah.

"Alhamdulillah, omset dari hasil MuA dan jasa sewa karnaval bisa mencapai 5 juta lebih," paparnya.

Seorang Hafizah dan Aktifis

Meski kini Ila Novia sudah memiliki kesibukan dengan bisnisnya. Ternyata Perempuan yang tinggal di Desa/Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang itu merupakan seorang penghafal Al-Quran atau Hafizah.

Ila Novia telah menghatamkan hafalan 30 juz Al-Quran setelah mengenyam pendidikan yang fokus pada hafalan Al-Quran di beberapa pondok Pesantren seperti Ponpes Bahrul Lahut Jombang, Ponpes Darussalam Jombang, Ponpes Sunan Ampel Jombang, Ponpes Al Bisri Jombang, Ponpes Tahfidul Quran Sirajul Ulum, Ponpes Kultum Indonesia Cabang Madiun.

"Alhamdulillah sudah selesai, saat ini proses murojaah setiap harinya. Doakan semoga saya bisa mengemban amanah ini dengan baik," ungkap Ila Novia.

Selain itu, Ila Novia dikenal sebagai seorang yang aktif dalam bersosial dan bermasyarakat. Tak heran jika ia juga banyak mengikuti organisasi di daerah tempat tinggalnya seperti IPPNU dan Karangtaruna.

Bahkan, perempuan yang kini menjadi mahasiswi STIE Dewantara Jombang ini pernah didapuk sebagai Ketua Ranting IPPNU Desa Ngoro. "Namanya, juga makhluk sosial. Ya, harus bisa saling tolong menolong dengan sesama manusia. Yang terpenting hidup kita bisa bermanfaat bagi orang lain," paparnya.

Memiliki Segudang Prestasi

Selain itu, Ila Novia juga merupakan salah satu santriwati teladan bagi kebanyakan santri lainnya. Pasalnya, selain cerdas ia juga memiliki segudang prestasi yang diperoleh semasa mondok dan sekolah dahulu.

Tercatat Ila Novia pernah menjadi juara 1 pendidikan formal madrasah diniyah MTs Darussalam Jombang, Peserta AKSIOMA Atletik Badminton Kabupaten Jombang, Juara 2 Fashion Show PAC IPNU-IPPNU Ngoro, Juara Favorit Hijabers, dan yang terakhir sebagai duta pelajar Rabbani Nasional.

Menurutnya, semua keberhasilan yang ia raih selama ini, bukan secara tiba-tiba, namun doa dan perjuangan yang tak pernah henti ia lakukan selama ini. "Bukan aku yang hebat tapi doa orang tua dan guru ku yang hebat. Hingga saat ini, saya bisa seperti saat ini," pungkas santriwati inspiratif Jombang ini. 

Sumber : timesindonesia

0 comments: