Lelah Selalu Kurang Jam Tidur? Coba 6 Tips Ini Biar Cukup Dapat 7 Jam!

Rabu, Oktober 26, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

trik dapat jam tidur yang cukup, (Foto: Freepik)

PUNYA jam tidur yang cukup, memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Merujuk pedoman National Health Service Inggris, jumlah tidur yang disarankan untuk orang dewasa di atas usia 18 tahun adalah 7 hingga 9 jam.

Namun faktanya, bagi kebanyakan orang, mendapatkan jam tidur yang cukup adalah hal yang sulit karena sudah terbiasa dengan pola tidur yang berantakan.

Nah, jika Anda sudah lelah selalu kurang tidur setiap harinya. Mungkin bisa coba tips dari Dr. Lindsay Browning, pakar tidur dan psikolog klinis, untuk bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup. Berikut paparan singkat 6 tipsnya, sebagaimana diwarta dari The Sun, Rabu (26/10/2022).

1. Tidur di jam yang sewajarnya: Hindari jam tidur siang atau ketiduran selama lima atau 10 menit di sofa pada jam 9 malam sambil menonton TV. Hal ini bisa membuat mata beristirahat cukup lama dan akan menolak untuk tidur di jam malam yang seharusnya. Contoh mudahnya, jika mencoba membujuk seorang anak kecil untuk makan makanan sehat, apakah kita akan memberi mereka sebatang cokelat satu jam sebelumnya? Tentu tidak bukan? karena anak akan kenyang dan menolaknya. Sama halnya dengan tidur loh!

2. Merenung atau menulis: Sebelum tidur, luangkan waktu untuk merenungkan hal-hal yang terjadi hari itu atau kekhawatiran yang Anda miliki. Menulis buku harian dianggap sebagai cara yang bagus untuk membantu pembuangan pikiran di otak, sehingga tidak kelebihan beban dan dapat mengganggu tidur. Tulis dengan tangan dan jangan menggun

3. Atur suasana kamar: Disarankan untuk mengganti kasur setiap tujuh tahun sekali, tetapi jika berat badan Anda bertambah, mungkin perlu dilakukan lebih cepat. Meskipun tidak terbukti secara ilmiah, hal itu bisa membantu. Atur suasana kamar dengan aroma terapi, diffuser, lilin beraroma, dan hal-hal seperti minyak pewangi dapat membantu mempercepat tidur. Menciptakan lingkungan yang santai dan nyaman akan meningkatkan peluang seseorang untuk mendapatkan tidur malam yang baik.

4. Tidur sendirian: Dokter Lindsay Browning mengatakan bahwa seseorang cenderung akan tidur jauh lebih baik secara terpisah atau sendirian. Meskipun itu bukan pilihan yang cocok untuk semua orang, namun bagi sebagian orang cara ini bisa membantu. Dicoba tidak ada salahnya kan?

5. Olahraga: Olahraga berdampak langsung pada kebutuhan tidur seseorang di malam hari. Bahkan olahraga ringan seperti jalan cepat juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Namun inggat, sangat penting untuk menghindari olahraga yang terlalu dekat dengan jam tidur, karena pelepasan endorfin dan adrenalin dapat mengganggu tidur.

6. Bantuan Klinis (CBT-I): Jika cara - cara di atas tidak ada yang berhasil, mungkin perlu bantuan klinis atau terapi. Terapi yang sering dilakukan adalah terapi perilaku kognitif untuk insomnia, atau yang sering disebut sebagai CBT-I. Terapi ini adalah program terstruktur yang membantu penderita insomnia untuk mengidentifikasi dan mengganti pikiran dan perilaku yang menyebabkan atau memperburuk masalah tidur dengan kebiasaan yang mendorong tidur nyenyak. Tidak seperti obat tidur, CBT-I juga bisa membantu mengatasi penyebab insomnia.

Sumber : okezone.com

0 comments: