Lestarikan Budaya Minangkabau, Pacu Kuda Tanah Datar Resmi Dibuka

Senin, Oktober 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Peresmian Alek Nagari Pacu Kuda Open Race 2022 di lapangan pacu kuda Dang Tuanku Bukit Gombak, Tanah Datar, Sumatera Barat, Minggu (16/10/2022). Dokumentasi: Humas Pemkab Tanah Datar
Alek Anak Nagari Pacu Kuda Open Race 2022 di Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, resmi dibuka hari ini di lapangan pacu kuda Dang Tuanku Bukit Gombak, Minggu (16/10).
Ajang pacu kuda akan diikuti 46 ekor kuda dengan 12 race kelompok pacuan.
Peresmian diawali dengan penyerahan gelanggang oleh niniak mamak tiga nagari, yakni nagari Baringin, Sariaso, dan Pagaruyung kepada pemerintah Kabupaten Tanah Datar.
Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan, ajang pacu kuda kali ini merupakan penantian masyarakat Tanah Datar setelah dua tahun tidak terlaksana karena pandemi Covid-19.
"Alhamdulillah atas dukungan niniak mamak, alek anak nagari pacu kuda di lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak ini dapat terlaksana. Saya harap kita selalu kompak dan bersatu, mari kita siapkan alek pacu kuda untuk tahun-tahun berikutnya secara bersama," ujarnya, Minggu (16/10).
Sementara itu Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Czi. Sutrisno selaku ketua panitia juga menyampaikan harapannya, agar pelaksanaan pacu kuda ini mampu menumbuhkan adat kebudayaan masyarakat Minangkabau khususnya di Tanah Datar.

Sumber : kumparan.com

0 comments: