Mengenal Budaya Khas Suku Bugis, Bagaimana Sejarahnya?

Kamis, Oktober 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi/pareparekota/go.id

Budaya khas suku bugis akan dibahas pada artikel kali ini. Budaya Indonesia salah satunya adalah suku bugis yang berada di Sulawesi Selatan, Indonesia.

Suku Bugis tersebar di sejumlah wilayah, antaranya Kabupaten Bone, Sinjai, Sidrap, Pinrang, Barru, Pare-pare, Soppeng, Wajo, Soppeng dan Luwu.

Selebihnya untuk mengetahui budaya suku Bugis dan kebudayaan yang dimiliki, kamu dapat simak artikel berikut ini.

Sejarah

Pada awalnya populasi suku Bugis memasuki Nusantara melalui Asia Selatan pada zaman Logam sekitar 3.000 hingga 1.200 sebelum Masehi.

Suku Bugis termasuk dalam ras Deutro Melayu atau Melayu muda, yaitu populasi yang bermigrasi pada gelombang kedua dari dataran Dongson yang berasal dari Vietnam Utara.

Menurut manuskrip Sure, Galigo, Bugis berasal dari kata To Ugi. Merujuk pada raja pertama yang ada di Pammana, Wajo, yang bernama La Sattumpugi.

To Ugi pengikut Raja Sattumpugi. Selain itu, kerjaannya semakin berkembang, dari Kerajaan Bone, Makassar, Soppeng, hingga Wajo.

Tidak hanya itu Sure’ Galigo juga, awal mula dihuni negeri Bugis adalah dimulai dari Dewa dari Boting Langi’ bertemu dengan We’ Nyili timo dari Buri di Tana Luwu.

Selanjutnya mereka, pun menghasilkan ratusan keturunan dewa yang hidup dalam enam generasi, serta membentuk kerajaan-kerajaan yang ada di Sulawesi Selatan.

Ciri Khas

Biasanya, dalam sehari-hari suku bugis berkomunikasi menggunakan bahasa dan aksara sendiri yaitu Lontara. Karena aksarane ditulis pada daun lontar dan menggunakan alat tulis tajam berisi tinta hitam.

Selain itu suku bugis terkenal suka merantau ke wilayah lain, jauh dari kampung halamanya tidak lain adalah Jakarta.

Kesenian

Suku Bugis mempunyai banyak kesenian, terutama suku ini sangat menonjol dengan seni tari atau tarian.

Yang paling populer diantaranya, Tari Paduppa Bosara, Tari Ma Badong, Tari Pagellu, Tari Mabbissu, Tari Pakarena.


Sumber : okezone.com 

0 comments: