Menguak Misteri Benteng Bhangarh, Tempat Paling Berhantu di India!

Rabu, Oktober 26, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 10 25 408 2693862 menguak-misteri-benteng-bhangarh-tempat-paling-berhantu-di-india-1TBKHEhHsX.JPG

PESONA India memang tiada pernah gagal dalam memikat para pelancong dari seluruh dunia untuk datang.

Mulai dari hidangan lokal mereka, indahnya bangunan Taj Mahal, kota Delhi yang unik, mampu membius mereka untuk datang kembali.

Namun di sisi lain, India ternyata terkenal juga lho dengan benteng berhantunya. Bhangarh, kota yang terletak diantara Delhi dan Jaipur di negara bagian Rajasthan ini, dikelilingi benteng yang berdiri sejak abad ke-16. Kota ini sudah ratusan tahun ditinggalkan, tepatnya 400 tahun lalu.

Melansir dari India Today, Tiasa Bhowal membagikan pengalamannya saat mengunjungi benteng Bhangarh.

Saat memasuki benteng Anda akan disambut dengan Kuil Hanuman tepat di pintu masuk. Sayangnya gerbang utama benteng Bhangarh ini dalam kondisi hancur total.

Dari gerbang utama itu, Anda akan melihat kuil, pasar, dan istana utama di ujung jalan tersebut. Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh seorang pemandu, kota ini dulunya berkembang sangat pesat. Anda juga akan menemukan pohon beringin besar di salah satu titik masuk ke kota.

Pohon beringin itu akan menjadi pembuka untuk Anda, merasakan suasana seram tapi juga takjub dengan kota tersebut.

Istana kerajaan itu dulunya memiliki 7 lantai, namun hanya tiga lantai besar yang tersisa. Meski begitu, Istana memberikan pemandangan benteng yang luar biasa indah.

Benteng itu akan tutup pada pukul 17.30 sore, dan tidak seorangpun pelancong yang diizinkan masuk. Apakah ada hubungannya dengan benteng angker di sana?

Banyak cerita yang beredar di masyarakat. Salah satu legenda yang ada, menceritakan seorang pertapa tinggal di dalam area benteng, ia memerintahkan kepada masyarakat kota itu untuk setiap rumah yang dibangun tidak boleh lebih tinggi dari rumahnya, atau membuat bayangan di tempat tinggalnya yang sederhana itu.

Sayangnya pantangan itu terlanggar, karena ada sebuah kolam yang dibangun di dalam benteng, itu membuat bayangan di rumah pertapa terlihat. Akibatnya kota beserta bentengnya hancur menjadi reruntuhan dalam semalam.

Kisah lainnya melibatkan putri cantik Ratnavati, yang merupakan putri Chatr Singh. Karena kecantikannya ia menjadi permata bagi Rajasthan. Pun demikian, seorang tantrik yang tinggal di kota itu menggunakan ilmu hitamnya untuk membuat putri Ratnavati jatuh cinta kepadanya.

Tapi sayangnya sang putri tidak pernah suka padanya, karena cara licik dia untuk bisa mendapatkannya. Semua mantra yang ia buat, selalu gagal karena sang putri mengetahui niat jahat tantrik itu.

Suatu ketika ia mengirimkan mantra melalui botol parfum yang dibelikan oleh pelayannya, jika dipakai oleh putri Ratnavati ia akan jatuh cinta kepada tantrik.

Namun ia sejak awal sudah mengetahui botol parfum miliknya terdapat mantra didalamnya. Segera ia melemparkan parfum itu ke atas batu dan mengenai tantrik dibawahnya. Dia pun hancur terkena batu, tetapi sebelum mati dia mengutuk sang putri, keluarganya, hingga kota.

Dari cerita-cerita di atas, semakin membuat penasaran akan kebenarannya. Untuk itu Tiasa mencari tahu kebenaran benteng ini melalui masyarakat sekitar.

Pertama ia mencoba bertanya kepada petugas serta pemandu benteng Bhangarh. Mereka menyebutkan jika benteng itu tidak berhantu.

Alasan kenapa benteng tutup lebih awal, karena wilayah itu tidak aman bagi pengunjung setelah matahari terbenam. Banyak binatang liar yang berkeliaran di sekitar benteng, jadi tempat itu sama sekali tidak menakutkan.

Demikian juga dengan seorang warga yang bekerja di sekitar benteng bernama Guddhi. Selama tinggal di sana sejak usianya 4 tahun, ia tidak pernah melihat hantu. Yang ada hanya binatang liar di sekitar benteng.

“Itu hanya binatang liar. Tidak ada hantu,” tambahnya.

Berbeda dari tiga sumber di atas, tanpa sengaja, Tiasa bertemu dengan seorang pria saat ia meninggalkan benteng dan berhenti di restoran sederhana untuk makan siang. Pria yang tidak diketahui namanya ini memiliki versi cerita berbeda.

“Benteng itu berhantu. Bukan hanya saya, ada beberapa orang lain yang percaya,” imbuhnya yang enggan disebutkan namanya.

Dengan demikian, para pelancong pasti akan dibuat penasaran dengan tempat ini. Mereka akan bertanya-tanya, apakah Benteng Bhangarh berhantu? Apakah cerita yang beredar di masyarakat benar adanya atau hanya sebuah fiksi yang menarik?

Jika Anda tertarik mengunjungi benteng Bhangarh dan ingin merasakan langsung suasana seramnya, pastikan untuk datang sebelum akhir pekan ya, karena tempat itu akan sangat ramai didatangi pengunjung. Dengan benteng sepi dan agak kosong, pasti membuat suasana seram pada tempat itu muncul, walaupun kenyataannya hal itu masih jadi perdebatan.


Sumber : okezone

0 comments: