Menikmati Wisata Bahari Pantai Senggigi di Lombok Barat

Kamis, Oktober 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Saat ini sudah banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pulau yang letaknya bersebelahan dengan Bali ini juga menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, salah satunya adalah pantai.

Dari sekian banyak pantai di Lombok, salah satu pantai yang wajib detikers kunjungi adalah pantai Senggigi. Lokasinya yang tak begitu jauh dari kota Mataram membuat pantai Senggigi banyak didatangi oleh turis.

Lantas, apa saja daya tarik dari pantai Senggigi? Lalu bagaimana akses menuju ke sana? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini yuk detikers.

Daya Tarik Pantai Senggigi
Pantai Senggigi memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Maka jangan heran, pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan untuk menikmati liburan atau sekadar bersantai di pinggir pantai.

Dilansir situs Dinas Provinsi Lombok Barat, berikut sejumlah daya tarik dari pantai Senggigi.

1. Memiliki Pasir Dua Warna
Salah satu daya tarik dan keunikan dari pantai Senggigi adalah memiliki pasir dua warna, yakni hitam dan putih. Kehadiran dua warna pasir di sepanjang garis pantai Senggigi menambah daya tarik wisatawan untuk melihat dan merasakannya langsung.

2. Air Laut yang Jernih
Selain itu, daya tarik utama dari pantai Senggigi adalah air lautnya yang jernih dan bersih. Jadi, detikers bisa berenang di bibir pantai atau snorkeling untuk melihat secara langsung keindahan alam bawah laut.

3. Spot Bagus untuk Melihat Sunset
Daya tarik lain dari pantai Senggigi adalah tempat yang cocok untuk melihat matahari terbenam atau sunset. Jadi, detikers bisa duduk santai di pinggir pantai sambil melihat matahari perlahan terbenam.

Lokasi dan Cara Menuju ke Pantai Senggigi
Pantai Senggigi berlokasi di Jalan Raya Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Akses yang memadai dan jaraknya tidak begitu jauh dari kota Mataram membuat pantai Senggigi menjadi pilihan destinasi wisata.

Kalau detikers menginap di kota Mataram, butuh waktu sekitar 30 menit dengan berkendara untuk sampai di pantai Senggigi. Saat di perjalanan menuju pantai Senggigi, detikers akan melewati sejumlah destinasi wisata lainnya seperti pantai Meninting, Makam Batu Layar, Pura Batu Bolong, dan pantai Kerandangan.

Jika berangkat dari Bandara Internasional Lombok, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai di pantai Senggigi dengan berkendara. Atau detikers juga bisa menggunakan layanan bus Damri dengan tarif sebesar Rp 35.000 per orang, namun bus tersebut hanya sampai ke Kota Mataram. Dari kota Mataram detikers bisa menyewa mobil atau sepeda motor untuk bisa sampai ke pantai Senggigi.

Aktivitas Menarik di Pantai Senggigi
Ada berbagai aktivitas seru yang bisa detikers lakukan saat berkunjung ke pantai Senggigi. Dikutip dari situs travel agen, berikut sejumlah aktivitas menarik di pantai Senggigi.

1. Berenang di Bibir Pantai
Pantai Senggigi memiliki bibir pantai yang landai, sehingga cocok buat detikers yang ingin berenang di pagi atau sore hari. Tapi perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk berenang saat cuaca sedang buruk karena berpotensi terjadi ombak besar.

2. Menyaksikan Matahari Terbenam
Daya tarik lainnya dari pantai Senggigi adalah pemandangan indah saat matahari terbenam (sunset). Kalau detikers menginap di sekitar pantai Senggigi, jangan lewatkan kesempatan ini untuk melihat matahari terbenam bersama pasangan, keluarga, atau teman-teman.

3. Snorkeling
Arus laut di pantai Senggigi cenderung lebih tenang sehingga membuat wisatawan banyak yang melakukan aktivitas snorkeling. Bila cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat keindahan alam bawah laut mulai dari ikan-ikan yang sedang berenang dan terumbu karang yang cantik.

4. Bersantai di Pantai
Banyak di antara sejumlah wisatawan yang memilih bersantai di pantai Senggigi. Pada umumnya wisatawan ramai berkunjung ke pantai Senggigi di sore hari untuk menyaksikan sunset, duduk di pinggir pantai sambil bercengkerama, atau sekadar berfoto-foto untuk diunggah ke media sosial.

5. Surfing
Aktivitas menarik lainnya yang bisa kamu lakukan di pantai Senggigi adalah surfing. Bagi detikers yang tidak membawa papan surfing nggak perlu khawatir, sebab di sekitar pantai Senggigi terdapat tempat penyewaan alat surfing. Selain itu, ada juga instruktur yang siap mengajarkan detikers berselancar agar tidak mudah jatuh.

Fasilitas Umum yang Dapat Digunakan
Ada berbagai fasilitas umum yang bisa kamu gunakan saat berkunjung ke pantai Senggigi. Aksesnya yang tidak begitu jauh sehingga mudah dijangkau dengan berjalan kaki atau berkendara dalam waktu tempuh yang singkat.

Berikut sejumlah fasilitas umum di sekitar pantai Senggigi yang dapat kamu gunakan:

Toilet umum
Kamar ganti baju
Ruang bilas
Tempat penginapan (sekitar 5-10 menit dengan berjalan kaki)
Restoran dan bar (sekitar 5-10 menit dengan berjalan kaki)
SPBU (sekitar 5 menit dengan berkendara)
Mini market (sekitar 5 menit dengan berjalan kaki)
RSUD Kota Mataram (sekitar 30 menit dengan berkendara)
Wisata Seru di Sekitar Pantai Senggigi
Ada sejumlah tempat wisata seru lainnya di sekitar pantai Senggigi yang bisa detikers kunjungi. Jaraknya juga tidak terlalu jauh, jadi masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki atau berkendara dengan waktu tempuh sekitar 10-40 menit.

Berikut tempat wisata seru di sekitar pantai Senggigi:

Pantai Kerandangan (sekitar 5 menit dengan berkendara)
Pura Batu Bolong (sekitar 10 menit dengan berkendara)
Makam Batu Layar (sekitar 12 menit dengan berkendara)
Lombok Wildlife Park (sekitar 40 menit dengan berkendara)
Nah itu dia detikers pembahasan mengenai pantai Senggigi beserta daya tarik, lokasi, akses menuju ke sana, aktivitas menarik, fasilitas umum yang dapat digunakan, dan wisata seru di sekitar pantai Senggigi. Jadi, kalau detikers berencana pergi liburan ke Lombok jangan lupa sempatkan mampir ke pantai Senggigi ya!

Sumber : detik.com

0 comments: