Menlu ASEAN Rapat Darurat Bahas Krisis Myanmar di Jakarta Hari Ini

Jumat, Oktober 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Sembilan menlu ASEAN dilaporkan menggelar rapat hari ini di Jakarta guna membahas solusi krisis di Myanmar yang masih diwarnai kekerasan junta militer pascakudeta. (Foto: AP/Tatan Syuflana)

Sembilan menteri luar negeri negara ASEAN dilaporkan menggelar rapat darurat hari ini, Kamis (27/10) di Jakarta untuk membahas solusi krisis di Myanmar yang masih diwarnai kekerasan junta militer.

Pertemuan Menlu ASEAN di sekretariat asosiasi itu di Jakarta tidak akan dihadiri perwakilan Myanmar. Sebab, perwakilan Myanmar terutama dari politik dan junta sudah dilarang menghadiri pertemuan ASEAN sejak tahun lalu gegara penahanan pemimpin de facto Aung San Suu Kyi yang dikudeta militer 2021 lalu.


Kamboja, sebagai ketua ASEAN tahun ini, mengatakan rapat hari ini digelar dengan tujuan menghasilkan rekomendasi tentang bagaimana mendorong proses perdamaian di Myanmar menjelang pertemuan puncak blok tersebut bulan depan.

Sementara itu, sumber pemerintah Indonesia mengatakan ASEAN telah mengundang Myanmar agar mengirimkan perwakilan non-politik untuk pertemuan hari ini. Namun, Jakarta menyebut junta militer Myanmar tidak setuju dengan undangan tersebut.

Seorang sumber kepada Reuters mengatakan Indonesia sedang berupaya memperkuat lima poin konsensus ASEAN yang disepakati Myanmar dalam rapat serupa tak lama setelah kudeta berlangsung pada 2021 lalu.

Lima poin konsensus itu berisikan sejumlah solusi demi menghentikan kekerasan dan kerusuhan di Myanmar pasca kudeta terjadi.

Sementara itu, rapat menlu ASEAN hari ini digelar dua hari setelah junta militer Myanmar melancarkan serangan udara terhadap sebuah konser di Kachin hingga menewaskan 80 orang dan melukai ratusan orang lainnya.

Kachin merupakan wilayah di utara Myanmar yang menjadi markas kelompok pemberontak. Serangan udara junta militer itu pun turut menewaskan artis dan sejumlah musisi lainnya pengisi acara konser yang digelar oleh Organisasi Kemerdekaan Kachin untuk merayakan hari jadi mereka.

Konser itu dihadiri oleh 300-500 orang saat gempuran junta militer Myanmar lewat udara terjadi.

Sampai saat ini, Kemlu RI masih belum mengonfirmasi terkait pertemuan Menlu ASEAN hari ini di Jakarta. 

Namun, juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, mengatakan Menlu Retno Marsudi akan menyampaikan press briefing siang hari ini di kantornya.


Sumber : detik.com

0 comments: