Mobil Untuk Bisnis, Lebih Baik Beli atau Sewa?

Selasa, Oktober 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Mobil Untuk Bisnis, Lebih Baik Beli atau Sewa?
Mobil untuk bisnis. (Inc Magz)

Suara.com - Ketika kamu mulai membuka sebuah usaha, kamu mungkin akan menyadari bahwa mobil menjadi kebutuhan untuk menjalankan bisnis. Lalu, haruskah membeli mobil untuk mendukung bisnismu? Atau lebih baik sewa mobil saja?

Membeli mobil, selain memberi kamu kepemilikan penuh, juga memungkinkannya kamu untuk menggunakannya tanpa batas. Namun, menyewa mobil untuk bisnis bisa berarti pembayaran bulanan yang lebih rendah.

Nah, untuk membantumu memutuskan, berikut adalah beberapa pertimbangan saat memilih mobil untuk bisnis, lebih baik beli atau sewa, ya? Simak penjelasannya di bawah ini, seperti dilansir dari The Balance Money.

1. Pembayaran

Membeli mobil mengharuskan kamu membayar uang muka, jyang dapat memakan arus kas langsung bisnismu. Sedangkan menyewa mobil, biasanya memerlukan uang jaminan, yang jumlahnya setara dengan uang sewa satu bulan.

Membeli mobil membutuhkan arus kas jangka pendek dan dapat memengaruhi kesempatanmu untuk mengambil pinjaman tambahan lain untuk bisnis. Namun, untuk jangka panjang, mobil ini akan menjadi aset yang stabil di neraca keuanganmu.

Kalau kamu menyewa mobil, itu artinya kamu melakukan pembayaran bulanan yang lebih rendah, yang lebih meringankan arus kas langsung. Namun, pilihan ini dapat menyebabkan biaya yang lebih tinggi dalam jangka panjang.

2. Biaya Pemeliharaan

Pemeliharaan kendaraan secara teratur sangat penting untuk menjaga aset ini tetap dalam kondisi baik. Kalau kamu membeli mobil, tentu saja pemeliharaan ini akan menjadi tanggung jawabmu. Tapi pada kendaraan sewa, biaya pemeliharaan ini umumnya akan ditanggung oleh si pemilik kendaraan.

3. Jarak tempuh

Berapa jarak tempuh yang kira-kira akan kamu lakukan dengan mobil tersebut dalam setahun? Perjanjian sewa biasanya dilengkapi dengan maksimal jarak tempuh kendaraan yang dapat kamu pakai. Ketika jarak tempuh sudah melampaui kesepakatan, kamu mungkin akan dikenakan biaya tambahan.

4. Modifikasi Kendaraan

Apakah kamu ingin memanfaatkan kendaraanmu untuk marketing usaha, misal dengan memasang stiker produk atau lainnya? Tentu saja hal ini hanya bisa dilakukan kalau itu adalah mobil milik kamu sendiri. Sedangkan pada mobil sewaan, kamu tidak bisa melakukan hal ini.Jadi, mana yang tepat untuk bisnis kamu, apakah membeli atau menyewa mobil?

Jadi, mana yang tepat untuk bisnis kamu, apakah membeli atau menyewa mobil?

Sumber : okezone

0 comments: