Nggak Nyangka, 7 Hobi Ini Ternyata Bisa Membantu Kamu Menjadi Pengusaha Sukses

Senin, Oktober 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Nggak Nyangka, 7 Hobi Ini Ternyata Bisa Membantu Kamu Menjadi Pengusaha Sukses
Ilustrasi hobi melukis (Pexels.com/Koh Sze Kiat)

Suara.com - Banyak hobi yang berpeluang dijadikan bisnis. Tapi, tahukah kamu, bahkan hobi yang tak berhubungan dengan bisnis sekali pun, ternyata bisa membuatmu menjadi pengusaha sukses. Apa saja?

Simak di bawah ini, hobi apa saja yang bisa membantumu menjadi pengusaha sukses, seperti dikutip dari The Balance Money.

1. Main puzzle

Sudah banyak studi yang mengaitkan main puzzle dengan menjaga kesehatan otak. Tak hanya puzzle, tapi juga teka-teki silang, atau permainan angka seperti Sudoku, dapat membantu mempertahankan fungsi kognitif, meningkatkan daya ingat, membangun keterampilan memecahkan masalah, dan mendorong kamu untuk fokus. Ini semua akan sangat berguna saat kamu menjadi pengusaha nanti

2. Bermain alat musik

Penelitian telah menunjukkan bahwa ada bukti langsung bahwa belajar memainkan alat musik memiliki efek biologis yang positif pada perkembangan sistem saraf seseorang. Pada anak-anak, memainkan alat musik dapat meningkatkan prestasi akademik sekaligus mendorong mereka untuk secara aktif terlibat dalam studi mereka. Sedangkan pada orang dewasa, dapat meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan memori, menjaga koordinasi, menghilangkan stres, dan membantu dalam manajemen waktu.

3. Bermain game

Bermain game memberikan banyak manfaat yang sama seperti bermain puzzle, yaitu mengasah kemampuan memecahkan masalah. Tapi tak hanya itu, bermain game juga dapat membantu meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta menyempurnakan keterampilan strategimu. Tentu saja hobi bermain game ini harus dilakukan dalam dosis yang tepat dan tidak berlebihan, ya.

4. Memancing

Memancing dapat meningkatkan ketangkasan dan refleks, serta memberikan beberapa latihan ringan untuk tubuh bagian atas. Memancing juga merupakan cara terbaik untuk melatih kesabaran, belajar ketekunan, dan mengurangi ketergantunganmu pada teknologi.

5. Melukis

Kreativitas dan inovasi adalah hal yang dibutuhkan dalam bisnis. Jika kamu ingin mengembangkan kreativitas, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mulai mengerjakan hobi kreatif, seperti melukis. Seni melukis juga memiliki banyak manfaat, termasuk mendorong relaksasi, meningkatkan fokus dan konsentrasi, serta meningkatkan kesehatan mental.

Orang-orang yang kreatif lebih cenderung membangun kecerdasan emosional, karena kreativitas dianggap berhubungan dengan kecerdasan emosional. Dan kecerdasan emosional adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, karena hal ini menjadikan mereka dapat memperlakukan orang lain dengan baik.

6. Memasak

Memasak dikaitkan dengan menghasilkan perasaan terkontrol dan meningkatkan suasana hati, dengan cara yang mirip dengan meditasi. Jika kamu memasak untuk—dan bersama—keluarga, hobi ini juga dapat memberikan waktu tambahan untuk menjalin hubungan dengan orang-orang terdekat. Memasak dapat meningkatkan kreativitas dan rasa petualanganmu.

7. Membaca

Jika kamu banyak membaca di waktu luang—terutama fiksi sastra—kamu akan mendapat banyak manfaat dari kebiasaan ini. Kosakatamu kemungkinan besar akan meningkat dengan membaca karya-karya yang ditulis oleh penulis yang berbeda-beda. Dan ada klaim bahwa kamu dapat secara signifikan meningkatkan tingkat empati dan kecerdasan emosional dengan membaca buku fiksi sastra.


Sumber : suara

0 comments: