Nikmati Sunrise yang Merona Sambil Camping-Mancing di Pantai Benges Pacitan

Senin, Oktober 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Pacitan - Satu lagi destinasi wisata di Pacitan yang menawarkan sensasi berbeda. Namanya Pantai Benges. Tak hanya panorama alam khas pesisir yang menakjubkan, objek wisata di bagian timur Kota 1001 Gua ini juga cocok untuk lokasi camping dan mancing.

Pantai Benges terletak di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan. Akses menuju ke lokasi pun tergolong mudah. Yakni melalui Jalan Lintas Selatan (JLS). Kondisi jalan nasional tersebut secara umum cukup bagus. Hanya butuh 20 menit dari Kota Pacitan menuju Pantai Benges.

Topografi Pantai Benges juga relatif khas. Yakni perpaduan antara savana dan laut lepas. Keduanya dipisahkan oleh tebing karang. Hamparan berumput itu kerap dipilih menjadi tempat berkemah. Sedangkan pada bagian lain, tebing karang menjadi spot mancing yang asyik.

"Jadi karena melihat Pantai Benges itu strukturnya seperti itu, saya punya gagasan membuatnya jadi wisata khusus," ucap Agus Centrum, pendamping wisata saat berbincang dengan detikJatim.

Konsep wisata khusus tersebut, lanjut Centrum, meliputi camping, fishing, dan sunrise. Yang terakhir ini menjadi momen istimewa yang menjadi salah satu daya tarik. Hal itu karena posisi Pantai Benges menghadap ke timur. Wisatawan pun dapat melihat matahari menyembul dari balik ufuk tanpa halangan

"Itu (wisatawan) bisa menghadap pantai dan mendapat sunrise," kata pria yang juga dikenal pemilik usaha kopi tersebut.

Kenyamanan wisatawan selama berada di objek wisata Pantai Benges juga menjadi perhatian khusus. Karenanya, pengelola telah merintis pembuatan MCK. Terdapat pula dua warung makan yang siap melayani pengunjung dengan menu lokal

"Jadi kita biasakan kepada semua pemangku kepentingan di sini agar membudayakan ramah lingkungan. Menu yang dijual pun sebisa mungkin nggak menggunakan kemasan plastik," papar Centrum.

Untuk menikmati panorama alam Pantai Benges, pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pada hari biasa, pengelola hanya mengenakan tiket Rp 10 ribu per orang. Tentu saja ongkosnya berbeda untuk paket camping. Wisatawan cukup menghubungi pengelola untuk reservasi sekaligus minta disiapkan fasilitasnya.

"Untuk wisatawan yang ingin camping dan nggak bawa tenda, teman-teman di sini akan bantu menyiapkan. Termasuk konsumsinya. Intinya kita utamakan hospitality," imbuhnya.

Peluncuran konsep baru wisata Pantai Benges tersebut dikemas dengan tajuk 'September Ceria Benges Camping'. Event ini telah berlangsung Minggu (25/9) dengan menghadirkan rombongan pelancong dari Yogyakarta. Mereka telah mengikuti rangkaian kegiatan. Mulai riding, camping, hingga fun games di sini.

Sumber : detik.com

0 comments: