Penyebab Kemenangan 14-0 Timnas Indonesia U-17 atas Guam Tak Masuk Hitungan, Ini Penjelasannya!

Selasa, Oktober 04, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Timnas Indonesia U-17 menang 14-0 atas Guam. (Foto: Aldi Chandra/MNC Portal Indonesia)

PENYEBAB kemenangan 14-0 Timnas Indonesia U-17 atas Timnas Guam U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 tak masuk hitungan akan dibahas dalam artikel ini. Jika tak masuk hitungan, buat apa Timnas Indonesia U-17 menang dengan skor supertelak semalam? Begini penjelasannya.

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dibagi ke dalam 10 grup, yakni A-J. Grup A-D berisikan lima tim, sedangkan Grup E-J ditempati empat tim. Pengecualian untuk Grup H hanya diikuti tiga tim setelah Timor Leste menarik mundur dari kualifikasi.

Timnas Indonesia U-17 vs Guam

Lantas, bagaimana dengan Timnas Indonesia U-17? Skuad Garuda Asia tergabung di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 bersama Malaysia, Uni Emirat Arab, Palestina dan Guam.

Nantinya dari 44 tim yang ikut serta, hanya 16 tim saja yang diizinkan lolos ke Piala Asia U-17 2023. Sebanyak 16 tim itu diambil dari 10 juara grup dan enam runner-up terbaik.

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) pun mengedepankan azas persamaan dalam pemilihan runner-up terbaik. Jika asas persamaan tidak digunakan, runner-up Grup A-D otomatis paling diuntungkan, mengingat jumlah pertandingan mereka paling banyak ketimbang runner-up di grup-grup lain.

Karena itu, AFC mengeluarkan regulasi, yang mana untuk laga-laga Grup A-D, hasil pertemuan kontra tim peringkat empat dan lima tidak masuk hitungan. Sementara itu untuk laga-laga Grup E-J (kecuali Grup H), hasil laga kontra tim peringkat empat tidak masuk hitungan.

Namun, sebagai catatan, tidak masuk hitungan yang dimaksud di sini adalah, hanya untuk penghitungan posisi runner-up terbaik. Sekadar diketahui, AFC akan membuat klasemen runner-up terbaik yang berisikan 10 runner-up dari Grup A-J.

Timnas Indonesia U-17

Nantinya, tim yang menempati posisi enam runner-up teratas berhak lolos ke Piala Asia U-17 2023, mendampingi 10 juara grup yang lebih dulu memastikan lolos. Sementara itu, untuk perhitungan klasemen reguler (bukan klasemen runner-up terbaik), laga kontra tim peringkat empat dan lima tetap masuk hitungan.

Hasil laga-laga itu tetap masuk perhitungan karena untuk menentukan siapa yang menempati posisi satu hingga lima di masing-masing grup. Jadi kesimpulannya, hasil laga Timnas Indonesia U-17 vs Guam tidak masuk hitungan jika ukurannya untuk penentuan klasemen runner-up terbaik.

Sebab, Guam diprediksi bakal menempati posisi juru kunci Grup B. Terbukti dalam dua laga awal, Guam dihajar Uni Emirat Arab 9-0 dan dipermalukan Timnas Indonesia U-17 dengan skor mencolok 14-0.


Sumber : okezone.com

0 comments: