Pesona Atuh Beach, Keindahan Tersembunyi di Nusa Penida

Selasa, Oktober 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Atuh Beach adalah salah satu pantai yang terletak di pulau Nusa Penida. Detikers, apakah dari kalian ada yang pernah mendengar atau ingin berencana mengunjungi Atuh beach?

Atuh beach ini bisa menjadi daftar destinasi wisata yang perlu kamu datangi deh, apalagi bagi para pecinta pantai. Pasalnya, Atuh beach Nusa Penida ini ternyata memiliki berbagai daya tarik lho detikers.

Atuh beach menawarkan keindahan alam pemandangan pantai pasir putih, yang mungkin bisa memanjakan matamu. Selain itu, di sekitar pantai kita juga bisa melihat tebing-tebing tinggi.

Sehingga, tak heran kalau pantai yang satu ini sering dijadikan tujuan tempat untuk berlibur. Buat kalian yang penasaran tentang Atuh beach, pas banget nih karena penjelasannya ada di artikel ini.

Dalam artikel ini, akan membahas daya tarik Atuh beach, lokasi dan harga tiket masuk hingga daftar aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sana. Penasaran? Berikut informasinya.

Daya Tarik Atuh Beach
1. Pantai Cantik yang Tersembunyi
Atuh beach menjadi salah satu pantai cantik yang tersembunyi. Pasalnya, setelah kamu sampai di pantai ini lokasinya seperti tertutup, karena pantai ini terapit oleh tebing-tebing tinggi.

Meskipun pantainya tidak terlalu panjang, Atuh beach ini menawarkan pemandangan air laut biru yang jernih dengan pasir putih bersih. Di mana hal itu menjadi daya tarik Atuh beach dari beberapa pantai lainnya di Bali.

2. Dikelilingi Pemandangan Tebing yang Indah
Dari catatan detikcom, tim detikTravel pernah mengunjungi pantai pada 2018 lalu. Berdasarkan pengalaman kunjungan yang pernah dilakukan detikTravel, Atuh beach diapit oleh dua tebing tinggi.

Menariknya, tebing tersebut terlihat seperti pulau-pulau kecil yang mengapit pantai ini. Jadi, jangan heran ketika kamu mengunjungi Atuh beach, kamu juga akan melihat pemandangan tebing-tebing berbatu besar.

3. Lengkungan Pantai yang Indah
Atuh beach ini diketahui memiliki lengkungan pantai yang indah. Di mana, lengkungan pantai itu terlihat membentang pada seluruh panjang batu yang terdapat di dalam air. Maka dari itu, ketika kamu melihat pemandangan ini itu akan terlihat mengagumkan.

4. Banyak Pedagang Makanan
Jika kamu ke sana, kamu mungkin akan menemukan beberapa warung yang menjual aneka minuman dan makanan. Setiap warung akan menyediakan meja dan kursi untuk setiap pengunjung yang mampir.

Umumnya, warung-warung itu akan menyajikan makanan seperti ikan bakar, es kelapa, hingga aneka makanan khas Indonesia lainnya. Di tepi pantai, juga ada beberapa pedagang yang menyediakan aneka olahan seafood segar. Hal ini bisa dinikmati dengan bersantai di bean bag yang juga disediakan pedagang.

Lokasi dan Harga Tiket
Lokasi Atuh beach berada di wilayah pulau Nusa Penida. Dilansir situs nusapenida.klungkungkab.go.id, Kepulauan Nusa Penida sendiri secara administratif berada dalam satu kecamatan, yakni Kecamatan Nusa Penida.

Nusa Penida sendiri adalah wilayah yang berada di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Atuh beach berada di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Di mana, Kabupaten Klungkung merupakan satu-satunya Kabupaten di Bali, yang memiliki wilayah kepulauan. Menariknya, lokasi Atuh beach juga tidak jauh dari pantai indah lainnya seperti Diamond beach.

Tenang aja detikers, lokasi Atuh beach bisa kamu dengan mudah kamu temukan di Google Maps kok. Dikutip dari salah satu situs travel agency, harga tiket masuk ke Atuh beach yaitu sekitar Rp 5.000 - 10.000 per orang.

Aktivitas Menarik di Atuh Beach
1. Menikmati Pemandangan Pantai
Untuk menikmati pemandangan ada 2 pilihan view, yakni pemandangan pantai dari tebing dan pemandangan pantai langsung, dengan menuruni tebing. Di pantai, kamu akan melihat dan merasakan hamparan pasir putih dengan deburan ombak yang mengarah ke pantai.

2. Berjemur
Seperti pada umumnya, Atuh beach juga sering dijadikan pilihan tempat berjemur bagi wisatawan. Berjemur sambil menikmati pemandangan Atuh beach yang indah ini, siapa coba yang nggak mau?

3. Melihat Keindahan Matahari Terbit
Salah satu aktivitas yang bisa kamu nikmati yaitu, melihat pemandangan matahari terbit. Untuk melihat pesona itu, waktu terbaik berkunjung Atuh beach yaitu di pagi hari sekitar pukul 05:30 waktu setempat.

4. Berenang di Pinggir Pantai
Sebelum kamu berkunjung ke Atuh beach, sebaiknya kamu perlu mengetahui maka waktu yang ideal untuk pergi ke sana. Misalnya, pada saat air laut sedang surut dengan begitu kamu akan lebih jelas melihat keindahan di sekitar Atuh beach. Kamu juga bisa berlari-lari dan berenang di pinggiran pantai, jika kondisi air laut sedang memungkinkan dan tenang.

Cara Menuju Atuh Beach
Pantai bisa dibilang berada di area yang agak sulit dijangkau dan jalannya juga terbilang cukup ekstrem. Menurut laman Wisata Bali Penida, pantai ini letaknya memang terpisah dengan pulau Bali.

Jadi, untuk sampai ke Atuh beach maka kita perlu melalui perjalanan laut. Tapi, nggak usah khawatir ya karena saat ini sudah banyak pelabuhan yang menawarkan layanan untuk penyeberangan dari Bali ke pulau Nusa Penida.

Berdasarkan pengalaman tim detikTravel, untuk menuju Atuh beach kita bisa menyebrang dari Pantai Sanur ke Dermaga Banjar Nyuh, Nusa Penida selama 45 menit. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan mobil.

Rute perjalanannya pun cukup berkelok-kelok. Sehingga, pengendara perlu berhati-hati untuk menuju lokasi tersebut. Perjalanan dari dermaga Banjar Nyuh ke pantai ini ditempuh sekitar 75 menit untuk sampai. Dari situ, kita perlu berjalan kaki sekitar 10 menit menuju tepi tebing arah Pantai Atuh.

Sementara, mengutip laman Wisata Bali Penida cara untuk menuju Atuh beach jika dari wilayah Selatan Bali, gambarannya adalah sebagai berikut:

Misalnya, jika kamu sedang berada dibagian Selatan Bali, maka kamu bisa menggunakan speed boat dari pantai Sanur.
Lalu, jika sudah sampai Pelabuhan Toya Pakeh kamu bisa menempuh jarak sekitar 28 kilometer terlebih dahulu.
Jika sudah berada di wilayah Nusa Penida, maka kamu bisa menggunakan sepeda motor atau menyewannya untuk menuju lokasi. Pilihan lainnya, kamu juga bisa mengikuti layanan tour Atuh Beach.
Nah, itu tadi informasi mengenai keindahan Atuh beach salah satu pantai yang ada di Nusa Penida, Bali. Setelah baca artikel ini, detikers pasti tertarik untuk berkunjung ke sana kan?


Sumber : detik.com

0 comments: