Stan Indonesia di Festival Kebudayaan Uludağ University

Kamis, Oktober 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Universitas Bursa Uludğ di kota Bursa, Turki, menyelenggarakan festival penyambutan mahasiswa baru selama tiga hari berturut-turut pada tanggal 18 – 20 Oktober 2022. Festival ini dilaksanakan di kampus utama, Gkle, yang dimeriahkan oleh berbagai pameran, pertunjukan kesenian dan musik, serta permainan tradisional Turki.

Festival yang diadakan oleh kampus dengan total keseluruhan 82.000 mahasiswa ini, menampilkan banyak jenis pameran di dalamnya. Beberapa diantaranya adalah pameran unit kegiatan mahasiswa, pameran produk makanan, pameran lembaga milik pemerintah, hingga pameran budaya dari berbagai negara. Indonesia menjadi salah satu dari 10 negara beruntung yang berkesempatan untuk mengenalkan budaya dalam festival ini.

Sebagai organisasi diaspora yang bermukim di Kota Bursa, Perhimpunan Pelajar Indonesia Bursa (PPI Bursa) memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. PPI Bursa mengisi stan Indonesia menggunakan barang-barang tradisional khas Indonesia yang dikumpulkan secara kolektif dari setiap anggota PPI Bursa yang bersedia meminjamkan barangnya untuk pameran.

Barang yang dijajakan dalam pameran tersebut diantaranya adalah kain batik, alat musik tradisional, kerajinan tangan khas Indonesia, dan juga peta serta gambar yang menunjukkan negara Indonesia lengkap dengan potensi pariwisata di dalamnya. Suasana di dalam stan juga dibuat nyaman dengan iringan alunan musik yang khas dari daerah-daerah di Indonesia.
Pengunjung yang mendatangi stan Indonesia sangat antusisas dalam mendengarkan penjelasan tentang Indonesia. Bahkan banyak dari mereka sangat mengagumi keanekaragaman Indonesia yang begitu kaya.
“Indonesia adalah negara yang sangat indah. Meskipun terdapat banyak agama dan budaya di dalamnya, namun warganya tetap hidup rukun”, ujar Ikmet, salah satu pengunjung pameran berkewarganegaraan Turki.
Beberapa pengunjung juga menyatakan ketertarikannya untuk datang ke Indonesia setelah mengetahui keanekaragaman flora dan fauna Indonesia. Tidak sedikit dari mereka yang kaget setelah mengetahui Indonesia memiliki berbagai jenis tanaman dan buah-buahan serta binatang-binatang yang tidak pernah mereka jumpai sebelumnya.
“Saya baru tahu bahwa di dunia ini ada binatang seperti itu. Saya harus datang ke sana untuk melihat binatang ini secara langsung”. Kata Mina, mahasiswi dari Azerbaijan saat PPI Bursa sedang menjelaskan tentang komodo.
Sebagai diaspora Indonesia, adanya festival ini sangat membantu kita, bukan hanya untuk mengenalkan budaya serta keindahan negara kita, tapi juga untuk mengenalkan diri kita ke masyarakat Bursa. Supaya kedepannya nama baik Indonesia tetap terjaga dan kita dapat hidup dengan nyaman sampai kembali ke Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh ketua PPI Bursa dalam satu kesempatan,

"Di tengah sentimen orang Turki terhadap orang asing yang meningkat, festival ini memberi ruang untuk kita, pelajar Indonesia, mengenalkan negara dan budaya kita. Tak hanya membuat teman-teman di kampus sadar akan keberadaan kita, melalui stand ini, kita juga berharap mereka memahami dan menerima kita beserta budaya kita dengan baik." Kata Annisa Firdaus, ketua PPI Bursa kepada mahasiswa yang sedang bertugas menjaga stand Indonesia dalam festival tersebut. (Bayu Adjie Nugraha, Mahasiswa PPI Bursa)

Sumber : kumparan.com

0 comments: