Tips Jadi Orang Tua yang Berkualitas dalam Mendidik Anak

Sabtu, Oktober 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Ada beberapa tantangan yang mungkin dihadapi orang tua saat menjalani perannya. Bahkan, tak sedikit orang tua yang masih ragu apakah mereka sudah menjadi sosok yang baik untuk anaknya atau belum.
Ya Moms, semua orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anak. Untuk mewujudkannya, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa Anda coba untuk menjadi orang tua yang berkualitas, seperti dikutip dari Parents.

Tips Jadi Orang Tua yang Bisa Mendidik Anak dengan Baik

1. Kuatkan Pernikahan Anda
Hubungan pernikahan yang kuat menjadi kunci utama dalam menjadi orang tua yang berkualitas untuk anak. Ya Moms, jika Anda dapat mengatasi konflik dengan suami, Anda umumnya juga akan mampu menyelesaikan masalah dengan anak. Selain itu, hubungan rumah tangga yang baik juga membuat anak lebih nyaman dan aman bersama orang tua.
“Singkatnya, pelajaran terkuat yang dipelajari anak-anak adalah dari apa yang terjadi di rumahnya, dan pelajaran dari pernikahan yang baik akan tetap bersama mereka seumur hidup,” jelas John Gottman, Ph.D., wakil presiden Institut Penelitian Perkawinan dan Keluarga di Seattle, Amerika Serikat.
2. Luangkan Waktu untuk Bersenang-senang Bersama Anak
Menurut psikolog klinis Lawrence Cohen, Ph.D., orang tua yang menyenangkan adalah orang tua yang menyenangkan dan tahu betapa pentingnya meluangkan waktu untuk bersenang-senang bersama anak. Tak perlu mainan yang mahal, Moms. Sekadar bermain ciluk-ba dengan bayi atau petak umpet bersama anak sudah cukup membuat si kecil bahagia.
“Orang tua yang terlalu banyak jadwal mungkin berpikir mereka tidak punya waktu untuk bermain dengan boneka atau membangun balok, tetapi bermain sebenarnya dapat mengurangi stres dari kehidupan kita yang sibuk. Ketika kita bermain dengan anak-anak kita, kita menemukan bahwa kita tiba-tiba memiliki lebih banyak energi dan perasaan, merasa lebih baik pada diri kita dan anak-anak kita, jelas Cohen.
3. Jadi Contoh yang Baik untuk Anak
Orang tua ingin anak tumbuh jadi pribadi yang baik. Namun, hal itu tak hanya didapatkan si kecil lewat proses belajar, tetapi juga contoh dari orang tuanya. Ya Moms, menjadi contoh yang baik untuk anak akan membuat pengasuhan Anda jadi lebih berkualitas.
“Nilai tidak datang dari buku teks atau dari diskusi tentang konsep abstrak. Anak-anak belajar nilai jauh sebelum mereka memiliki kemampuan untuk membaca atau mendiskusikannya. Sebaliknya, nilai diajarkan selama interaksi biasa dalam kehidupan sehari-hari. Jika seorang anak suka dan menghormati Anda dan nilai-nilai Anda, dia akan mengikutinya,” jelas psikiater anak dan remaja Elizabeth Berger, MD.
4. Tunjukkan Kasih Sayang
Menurut direktur Program Terapi Perkawinan dan Keluarga di University of Minnesota Willian Doherty, Ph.D., menunjukkan cinta tanpa akhir pada anak merupakan inti dari menjadi orang tua yang hebat. Bukan sekadar mengucapkan, “aku sayang kamu” saja, Moms. Menunjukkan kasih sayang juga dapat melalui hal lain, seperti memberi pujian, meluangkan waktu, dan lain sebagainya.

“Yang terpenting, kita menunjukkan cinta kita dengan menjadi kehadiran yang stabil, dapat diandalkan, dan penuh perhatian dalam kehidupan seorang anak,” ungkapnya.


Sumber : kumparan.com

0 comments: