Tips Membangun Rumah Hemat Energi dengan Biaya Minim

Rabu, Oktober 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Tips membangun rumah hemat energi (Foto: Shutterstock)

Tips membangun rumah hemat energi dengan biaya minim. Membangun rumah hemat energi dinilai lebih mahal namun bisa menghemat pengeluaran dalam jangka panjang.

Soal rumah hemat energi, Peraturan Konstruksi Nasional Australia mengubah persyaratan efisiensi energi untuk rumah baru dari enam bintang menjadi tujuh bintang mulai Oktober tahun depan.

Membangun rumah standard bintang tujuh bisa jadi lebih mahal, tetapi tidak harus demikian, cetus Jodie Pipkorn. Dia memberikan tips agar renovasi rumah tetap terjangkau.

"Anda dapat melakukan hal-hal seperti mengubah letak jendela, mengubah ukuran jendela, mengubah tata letak rumah," kata Jodie Pipkorn dilansir dari VOA, Rabu (12/10/2022).

Itulah yang dilakukan Pipkorn dengan rumahnya, yang dia buka menjadi rumah contoh pada akhir pekan. Ia menambahkan, "Yang dilakukan adalah membuat massa termal dalam ruang ini sehingga ketika matahari menyinari, termal ini akan benar-benar panas dan melepaskan panas itu pada malam hari. Pada musim panas, karena matahari tidak menyinari ruang ini, termal ini akan membuat ruangan ini lebih sejuk."

Kuncinya adalah pada arah, memanfaatkan sinar matahari untuk menghangatkan rumah. Dibandingkan dengan tempat tinggal bintang enam, rumah standard bintang tujuh membutuhkan energi 30 persen lebih sedikit untuk memanaskan dan mendinginkan.

"Jadi, sinar matahari di utara masuk ke rumah dalam musim dingin dan lantai beton ini adalah massa termal. Dia menyerap panas dan mengalirkannya pada malam hari sehingga bahkan pada pukul 10, rasanya lantai kita dilengkapi pemanas," kata Jodie Pipkorn.

Elemen-elemen itu mereka gunakan supaya menguntungkan mereka.

Salah satu warga Australia Wendy Paterson tengah merenovasi rumahnya di Kambah, pinggiran Canberra, ibu kota Australia. Dia merenovasi ruang-ruang dalam rumahnya, dari standar bintang satu menjadi bintang tujuh.

Dia akan merenovasi ruangan yang tidak hemat energi dan gelap. “Rumah ini sangat tidak nyaman karena tidak hemat energi. Saya menghabiskan banyak uang untuk membayar tagihan listrik dan gas,” kata dia.

Sementara itu, Richard Ings mengaku tagihan listriknya lebih murah setelah merenovasi rumah dengan konsem hemat energi.

"Sebelumnya, kami membayar sekitar 2.700 dolar Australia per tahun untuk listrik. Sekitar 1.400 dolar untuk gas. Rumah ini 100% listrik," jelasnya.

Ings merenovasi rumah dari pemerintah di Watson, pinggiran Canberra. Ia meningkatkannya dari standar tiga bintang, menjadi tujuh bintang.


Sumber : okezone.com

0 comments: