Tips Membuat Kukis Sehat untuk Balita

Sabtu, Oktober 01, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Kukis atau kue kering merupakan salah satu camilan favaorit balita. Ukurannya yang kecil dan rasanya yang manis membuat si kecil tak bisa berhenti menikmatinya. Sayangnya, kandungan gula dalam kukis bisa membahayakan kesehatan balita jika dikonsumsi berlebihan.
Nah Moms, Anda mungkin bisa membuat kukis sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang lebih aman dan sehat untuk balita. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan sebagaimana dikutip dari Baby Gaga

Tips Membuat Kukis untuk Camilan Balita

1. Gunakan Buah, Bukan Gula
Untuk menambahkan rasa manis, Anda mungkin bisa mengganti gula dengan bahan yang berasal dari buah-buahan, seperti saus apel, apel parut, pisang tumbuk, dan lain sebagainya. Namun, Anda perlu memperhatikan takarannya dalam memasukkan buah-buahan ke dalam adonan kukis. Pasalnya, buah memiliki kandungan air yang bisa membuat adonan kukis menjadi lebih encer.
2. Pilih Topping yang Sehat
Balita mungkin menyukai kukis dengan taburan chocochips di atasnya. Namun, chocochips yang manis bisa berdampak buruk pada kesehatan si kecil jika dikonsumsi berlebihan. Untuk itu, pilihan topping yang lebih sehat dan rendah gula, seperti kismis, kacang-kacangan, atau buah-buahan kering.
3. Gunakan Tepung Gandum Utuh
Saat membuat kukis untuk balita, Anda mungkin bisa mengganti tepung putih biasa dengan tepung gandum utuh. Pasalnya, tepung gandum utuh memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibanding tepung putih biasa, seperti serat, zat beri, dan potasium. Namun, perlu diperhatikan bahwa tepung gandum utuh bisa membuat kukis menjadi lebih keras. Untuk itu, Anda perlu mengurangi takarannya.
4. Pilih Bahan Vegetarian
Alternatif lain dalam membuat kukis yang sehat untuk camilan bayi adalah menggunakan bahan vegetarian. Ya Moms, Anda bisa mengganti susu sapi dengan susu almond atau madu dengan sirup maple. Beberapa produk vegan memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dan menggunakan bahan buatan lebih sedikit dibanding produk non-vegan.
5. Buat Ukuran Kecil
Karena dihidangkan untuk balita, Anda bisa membuat kukis dengan ukuran yang lebih kecil agar anak lebih mudah memakannya. Selain itu, saat Anda memberikan dua atau tiga buah kukis kecil pada balita, ia mungkin merasa sudah makan banyak, padahal sebenarnya ia makan lebih sedikit dibanding biasanya. Dengan begitu, si kecil tidak akan makan kukis berlebihan.

Sumber : kumparan.com

0 comments: