Tips Menghindari Risiko Gagal Ginjal, Mau Coba?

Jumat, Oktober 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Selain membatasi konsumsi makanan penyebab gagal ginjal, ada beberapa rekomendasi dari Kemenkes RI melalui kanal alodokter yang wajib dilakukan agar terhindar dari gagal ginjal:

1. Minum banyak air putih, minimal 8 gelas sehari.2. Hindari merokok dan batasi minuman beralkohol.3. Konsumsi makanan yang baik untuk ginjal, seperti putih telur, apel, bawang, dan nanas.4. Lakukan olahraga secara rutin.5. Hindari kebiasaan menahan pipis.6. Hindari mengonsumsi obat-obatan, jamu, atau suplemen dalam jangka panjang, apalagi jika di luar anjuran
Anda juga perlu memeriksakan diri secara rutin ke dokter ginjal jika memiliki risiko untuk terkena gangguan ginjal. Misalnya, jika Anda menderita hipertensi atau diabetes.
Dengan begitu, dokter dapat menjelaskan upaya apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Sekaligus mendeteksi sejak dini jika ada masalah pada ginjal Anda, sehingga langkah penanganan dapat segera dilakukan.
Makanan penyebab gagal ginjal umumnya dapat menimbulkan gangguan pada ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik jenis dan jumlah makanan yang Anda konsumsi. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter mengenai jenis makanan yang harus Anda hindari dan batasi, sesuai kondisi Anda.





Sumber : kumparan.com

0 comments: