Wisata Alam Gunung Pancar Bogor, Harga Tiket dan Fasilitasnya

Rabu, Oktober 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Bogor - Setelah lelah bekerja dan belajar selama sepekan, kegiatan rekreasi di akhir pekan tentu dapat menyegarkan kembali tubuh dan pikiran. Salah satu jenis rekreasi yang asyik dilakukan adalah wisata alam.

Jawa Barat sendiri memiliki segudang tempat wisata alam. Salah satu yang paling diburu karena berlokasi tidak jauh dari Jakarta adalah Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Pancar Sentul. Selain karena kondisi alam yang asri dan fasilitas yang memadai, TWA yang satu ini hanya berjarak 62 km dari Jakarta Pusat.

TWA Gunung Pancar terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Tempat wisata yang satu ini buka setiap hari selama 24 jam. Tiket masuknya sendiri tergolong murah, yaitu Rp5.000 pada hari kerja, dan Rp7.500 pada akhir pekan.

Lantas, kegiatan apa yang dapat dilakukan di TWA Gunung Pancar Sentul?

1. Camping dan Glamping
Alam yang asri, udara yang sejuk, dan fasilitas yang lengkap kerap menjadi alasan utama pengunjung memilih TWA Gunung Pancar sebagai tempat camping dan glamping (glamour camping).

Untuk merasakan sensasi menginap di TWA Gunung Pancar, detikers memiliki opsi untuk membawa tenda sendiri atau menggunakan yang sudah disediakan oleh pengelola. Jika membawa tenda sendiri, pengunjung cukup membayar Rp100.000 per orang. Sedangkan, Anda perlu membayar seharga Rp200.000 per orang jika ingin menggunakan tenda dari pengelola. Tenda tersebut dapat digunakan oleh 4 orang.

Selain camping, TWA Gunung Pancar juga menyediakan kegiatan glamping yang pengelolaannya turut dibantu oleh The Carpenter Outdoor. Untuk menikmati glamping disini, detikers perlu menyiapkan dana sebesar Rp1,5 juta per orang.

2. Trekking
Dengan kawasan hutan pinus dan trek yang cukup menantang, trekking juga dapat menjadi salah satu opsi bagi pengunjung yang ingin healing sambil berpetualang. Tidak perlu khawatir, Anda akan ditemani oleh pemandu lokal yang berpengalaman.

Untuk melakukan kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh setidaknya 4 orang ini, Anda perlu membayar Rp150.000. Pengunjung juga dapat memilih durasi trekking antara 30, 60, atau 90 menit. Trekking sendiri dapat dimulai antara pukul 06.00-09.00 WIB.

3. Outbound
Salah satu kegiatan yang kerap dilaksanakan kala gathering keluarga, sekolah, hingga perusahaan ini juga tersedia di TWA Gunung Pancar. Selain mempersiapkan berbagai permainan yang menyenangkan, pengelola juga menyediakan fasilitas yang lengkap seperti makan siang, coffee break, listrik, sound system, hingga asuransi.

Untuk merasakan pengalaman outbound di TWA Gunung Pancar, Anda perlu menyiapkan dana sebesar Rp350.000 hingga Rp380.000 per orang. Kegiatan ini dapat dilaksanakan oleh setidaknya 30 orang.

4. Foto-foto
Salah satu kegiatan favorit wisatawan yang berkunjung ke TWA Gunung Pancar adalah foto-foto. Pasalnya, TWA Gunung Pancar memiliki ribuan titik foto yang pastinya instagramable.

Jika tidak suka berswafoto atau tidak memiliki objek model untuk di foto, para fotografer juga memiliki beragam objek foto lainnya. Sebab, terdapat sangat banyak sudut yang dapat dieksplor di TWA Gunung Pancar ini. Jika beruntung, Anda juga dapat melihat burung kutilang dan elang, lho!

Selain itu, pihak pengelola TWA Gunung Pancar juga memperbolehkan kawasan ini digunakan untuk melakukan foto prapernikahan. Untuk melakukan foto prapernikahan, pengelola TWA ini mematok harga Rp750.000 untuk kegiatan pemotretan selama satu hari penuh.

5. Berendam di Pemandian Air Panas
Agar tubuh menjadi rileks setelah berkegiatan selama sepekan penuh, berendam di pemandian air panas TWA Gunung Pancar dapat menjadi solusi yang menarik. Di tempat ini, detikers akan menemukan dua kolam renang berukuran sekitar 10x8 meter, masing-masing untuk jenis kelamin laki-laki dan perempuan.

Selain itu, terdapat pula kolam keluarga yang dapat menampung 3-4 anggota keluarga. Untuk menikmati air panas yang mengalir dari Gunung Pancar yang berstatus aktif ini, Anda cukup membayar tiket masuk mulai dari Rp5.000 saja.

6. Bersepeda dan Aktivitas Downhill
Di akhir pekan, area Sentul City terkenal sering dipenuhi pesepeda. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan. Sebab, area Sentul City yang memiliki kontur seperti perbukitan memang asyik untuk menjadi area bersepeda.

Selain untuk bersepeda di jalur aspal, Sentul City juga terkenal dengan Sebex (Sentul Bike Extreme) Park yang terletak di TWA Gunung Pancar. Trek yang dikelola oleh Jakarta Downhill Community ini kerap menjadi destinasi pesepeda yang hobi memacu adrenalin.

Tidak main-main, Sebex juga memiliki kualitas lintasan level internasional, lho. Trek downhill ini bahkan sempat digunakan pada ajang SEA Games 2011.

Tertarik berwisata ke TWA Gunung Pancar?

Sumber :detik.com

0 comments: