10 Danau Terbesar di Dunia, Ada dari Indonesia?

Selasa, November 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


ADA banyak sekali danau di seluruh dunia, bahkan beberapa di antaranya diklaim sebagai danau terbesar, baik berdasarkan volume, luas permukaan, atau kualifikasi lainnya.

Touropia telah membuat daftar danau terbesar di dunia jika diukur dengan luas permukaan total. Namun, tak ada satu pun danau di Indonesia yang masuk katagori ini.

Dari Great Slave Lake di Amerika Utara hingga Laut Kaspia yang tersebar di benua Eropa dan Asia, inilah 10 danau terbesar di Bumi sebagaimana dilansir dari Touropia.

1. Caspian Sea (371.000 km2)

Caspian Sea atau Laut Kaspia merupakan danau terbesar di dunia. Danau terkurung daratan yang terletak di antara benua Eropa dan Asia disebut laut karena sebagian air dari danau ini rasanya asin. Pedalaman danau tersebut berbatasan dengan Rusia, Kazakhstan, Azerbaijan, dan Turkmenistan.

Penyebab sepertiga air Danau Kaspia terasa asin seperti air laut, karena dahulu kala danau ini pernah menjadi bagian Laut Paratethys kuno. Selain itu, di danau ini pun memiliki kaviar yang menakjubkan dan industri minyak yang menonjol, sehingga membuat danau Kaspia menjadi populer.

 Ilustrasi

Danau Kaspia

2. Danau Superior (82.100 km2)

Danau Superior adalah danau air tawar terbesar di dunia berdasarkan luas permukaan, terbesar ketiga berdasarkan volume, serta memiliki kedalaman dan suhu terdingin yang lebih dari Great Lakes Amerika Utara. Selain itu, Danau Superior juga merupakan danau terbesar di Kanada yang berbatasan dengan negara bagian Minnesota, Wisconsin, dan Michigan di Amerika Serikat.

Air dari danau ini mengalir menuju Great Lakes Waterway yang biasa dilintasi ketika pengangkutan barang dan material. Walaupun memiliki air tawar yang sejuk, tidak disarankan untuk Anda berenang di area ini.

Hal tersebut karena danau ini terbilang cukup berbahaya yang memiliki kedalaman yang berkisar lebih dari 400 meter dan rentan terhadap gelombang pasang.

3. Danau Victoria (68.870 km2)

Danau Victoria adalah danau air tawar terbesar di Afrika. Mata air yang tersebar di Tanzania, Uganda, dan Kenya, menjadi danau tropis dan danau air tawar terbesar ke-2 berdasarkan luas permukaan.

 Ilustrasi

Danau Victoria (Stephen Msengi)

Kawasan yang menjadi waduk utama Sungai Nil telah menyimpan lebih dari 200 spesies ikan yang berbeda. Salah satu spesies ikan di sini adalah ikan nila yang menjadi mata pencaharian bagi penduduk setempat yang tinggal disekitar danau.

Nama danau ini diambil, setelah Ratu Victoria Inggris, John Hanning Speke pertama kali mendokumentasikan mata air ini pada tahun 1850-an. Danau Victoria tercatat sebagai danau paling berbahaya di dunia.

Banyak kematian terjadi di danau ini yang terjadi setiap tahunnya dan biasanya disebabkan oleh bintik hitam, kondisi cuaca yang berubah-ubah, dan serangan buaya.


4. Danau Huron (59.600 km2)

Danau Huron yang terhubung dengan Danau Michigan dari Selat Mackinac, merupakan danau terbesar ke-4 di dunia. Selain itu, danau ini merupakan danau terbesar ke-2 berdasarkan luas permukaan dan terbesar ketiga berdasarkan volumenya.

Danau tersebut membentang lebih dari 3.800 mil dan garis pantainya merupakan garis terpanjang dari seluruh Great Lakes yang mencakup hingga lebih dari 30.000 pulau.

Danau Huron ini sangat terkenal dengan banyaknya bangkai kapal di dalamnya. Ribuan kapal yang terlintas di danau ini, rusak dan terdampar di pesisir pantainya. Taman Laut Nasional Fathom Five merupakan tempat tinggal bagi 22 situs bangkai kapal saja di dalamnya.

5. Danau Michigan (58.000 km2)

Danau Michigan, memiliki arti yaitu 'Air Besar.' Seperti namanya, danau ini juga menjadi salah satu danau yang terbesar ke-5 di dunia, tepatnya di bagian Amerika Utara. Selain itu, danau Michigan juga merupakan danau terbesar kedua berdasarkan volume dan terbesar ketiga berdasarkan luas permukaannya.

Danau yang membentang hingga kedalaman maksimum 280 meter ini telah tersebar di Michigan, Indiana, Illinois, dan Wisconsin dari timur hingga ke barat.

Jika Anda ingin berenang di danau ini, diharuskan untuk tetap berhati- hati, karena di danau, memiliki resiko yang berbahaya. Tidak hanya garis pantainya yang rentan terhadap arus terjal, tetapi dasar di dalamnya sangat tidak teratur dan memiliki lubang yang dalam.

6. Danau Tanganyika (32.600 km2)

Danau yang terbesar selanjutnya juga terdapat di bagian Afrika. Danau yang bernama Tanganyika diartikan sebagai 'danau besar yang terbentang seperti dataran.' Mata air ini memiliki air tawar terpanjang, tertua, dan terdalam kedua di dunia. Selain itu, danau Tanganyika juga merupakan danau terbesar kedua, bila diukur berdasarkan volumenya.

Danau ini melintasi empat negara yaitu Tanzania, Burundi, Republik Demokratik Kongo, dan Zambia, bahkan air dari danau tersebut mengalir hingga ke Samudra Atlantik. Danau yang membentuk Lembah Rift menyimpan peringatan kepada seseorang bahwa tidak disarankan untuk berenang di sini, karena di dalamnya terdapat buaya Nil yang tersembunyi.

7. Danau Baikal (31.500 km2)

Selanjutnya, danau yang berada di Rusia ini juga menjadi salah satu danau terbesar di dunia berdasarkan volume. Mata air yang memiliki kedalaman lebih dari 1.632 meter itu, banyak yang menganggapnya laut.

Danau Baikal terdapat sekitar 1.700 spesies tumbuhan dan hewan di sekitarnya. Selain itu, Sebanyak 27 pulau juga ditemukan di Danau Baikal yang sebagian besar tidak berpenghuni. Danau tersebut juga mengalir keluar menuju ke Samudra Arktik.

Menariknya, danau ini memiliki air yang sangat jernih. Bila memasuki musim dingin, danau ini terpenuhi lelehan salju dari pegunungan Siberia. Bila Anda ingin memandangnya, sebaiknya jarak yang dibutuhkan 39 meter agar tidak terkena timpaan es yang terjatuh ke dalam danau Baikal.

8. Great Bear Lake (31.000 km2)

Danau yang memiliki nama yang menyeramkan ini, merupakan danau terbesar ke-8 di dunia. Gelar lain yang dimiliki danau Great Bear adalah danau terbesar yang terletak di perbatasan Kanada dan menjadi danau terbesar ke-4 di Amerika Utara.

 Ilustrasi

Titik terdalam dari danau ini yaitu sekitar 440meter. Walaupun memiliki nama beruang, di sekitar danau ini tidak terdapat beruang di dalamnya, hanya saja dikelilingi dua hutan yaitu hutan boreal dan tundra.

Danau ini memiliki air yang sangat jernih hingga sebening kristal, sehingga banyak spesies makhluk air di dalamnya sangat tampak dan memiliki keindahan tersendiri.

Ikan trout berbintik-bintik dan beberapa spesies makhluk lainnya telah menghuni kehidupan pada danau ini, namun tak dapat dipungkiri, ternyata danau ini memiliki variasi spesies ikan yang paling sedikit bila dibandingkan dengan semua Danau Besar yang berada di Kanada.

9. Danau Malawi (29.500 km2)

Di bumi bagian Afrika, banyak memiliki mata air yang terbilang besar. Salah satu di antara mata air yang terbesar adalah Danau Malawi yang terbentang jauh hingga Pantai Timur Afrika.

Danau Malawi memiliki nama lain yang cukup terkenal dengan nama Danau Nyasa. Selain itu, danau ini menjadi danau terbesar ketiga dan menjadi yang populer di benua Afrika.

Selain itu, danau Malawi merupakan danau terbesar keempat bila diukur berdasarkan volumenya, sedangkan berdasarkan wilayahnya, danau ini menjadi danau terbesar kesembilan, dan danau terdalam kedua di Afrika. Bukan hanya ukurannya yang tipis yang membuat Danau Malawi istimewa, namun, kehidupan yang ditopangnya juga menjadi hal yang mengagumkan bagi sebagian pengunjung.

Danau Malawi merupakan tempat tinggal bagi banyak spesies ikan. Di dalamnya terdapat ratusan ikan cichlid. Selain itu, pada beberapa tempat, terdapat tanda larangan untuk memancing karena telah ditetapkan sebagai cagar laut untuk melindungi makhluk hidup di dalamnya.

10. Great Slave Lake (27.000 km2)

Great Slave Lake merupakan danau terbesar kedua di Wilayah Barat Laut Kanada, yang hanya disusul oleh Great Bear Lake. Kedalaman dari danau ini lebih dari 600 meter dan menjadi danau terdalam di Amerika Utara.

Luas dari danau ini terbentang hampir 300 mil panjangnya dan lebih dari 100 mil lebarnya. Danau ini terdeteksi sebagai danau terbesar kesepuluh di dunia.

 Ilustrasi

Berbagai kota yang berada di tepi danau ini adalah Yellowknife, Fort Resolution, dan Hay River. Karena lokasinya di selatan Lingkaran Arktik, danau ini akan membeku saat musim dingin dan memiliki suhu yang sangat dingin sehingga penduduk lokal pada danau ini dapat membuat jalanan es yang digunakan sebagai jalan pintas antara Yellowknife dan Dettah.

Danau ini merupakan penyambung bagi para pelaut dan pemancing, yang gemar memancing ikan pike dan trout di danau atau ikan uban Arktik di tepi sungainya.

Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: