12 Perjalanan Kereta Api dengan Pemandangan Paling Indah di Dunia, Bikin Takjub!

Selasa, November 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


PERJALANAN menggunakan kereta api tidak kalah menyenangkan dibanding alat transportasi lain. Apalagi jika itu adalah perjalanan yang cukup jauh, tentunya dengan menggunakan kereta api, Anda bisa tiba lebih cepat karena tidak ada kemacetan sepanjang jalur kereta api.

Selain lebih cepat, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda selama perjalanan. Anda bisa melihat berbagai suguhan pemandangan, seperti perbukitan, sungai, bahkan terowongan yang membelah gunung.

Berikut 12 jalur kereta api dengan pemandangan paling menakjubkan di dunia sebagaimana dilansir dari Wanderlust :

1. Jalur kereta Oslo-Bergen, Norwegia

Jalur kereta api Bergen menuju Oslo merupakan salah satu jalur terberberat dalam dunia perkeretaapian. Jalur dengan panjang 496 km ini menghubungkan ibu kota Norwegia dan kota keduanya, di pantai barat.

Jalur Oslo-Bergen juga melintasi Hardangervidda yang dingin, tinggi, dan terpencil. Daerah tersebut merupakan dataran terkikis paling besar di Eropa, tempat di mana batuan metamorf yang keras, dan tajam yang berusia sekitar 1,5 juta tahun.

Untungnya, jalur lain ditemukan untuk melintasi daratan tinggi yang berbahaya tersebut. Dengan adanya jalur lintas yang baru, para penumpang tetap memiliki kesempatan untuk melihat pemandangan wilayah yang diapit oleh fyord dan pegunungan yang indah. Fyord sendiri adalah celah sempit yang masuk ke darat di pantai daerah pegunungan.

Ilustrasi

Pemandangan di Norwegia (Dreamstime/Wanderlust)

Finse yang berada di ketinggian 1,222 mdpl, merupakan stasiun dengan jalur tertinggi, yang juga menjadi gerbang menuju ke lapisan es HardangerjØkulen, tempat Scott dan kru berlatih sebelum ekspedisi Kutub Selatan tahun 1912.

2. Northern Explorer, Selandia Baru

Jalur kereta api North Island Main Trunk selesai dibangun pada tahun 1908. Pembangunan tersebut bukanlah hal yang mudah, namun, itu yang membuatnya menjadi perjalanan menjadi mengesankan.

Pulau Utara Selandia Baru adalah tempat yang mudah berubah. Para insinyur harus merundingkan dataran tinggi yang terpotong dan gunung berapi aktif untuk bisa menghubungkan Auckland dan Wellington.

Selama melintasi jalur sepanjang 681 km ini akan terlihat perbukitan hijau seperti Hobbiton, dan lahan pertanian yang bergelombang, serta pantai berbatu. Ada juga keajaiban buatan manusia, seperti Makatote Viaduct yang berada pada ketinggian 79 mdpl, tepat di bawah Gunung Ruapehu, hingga Raurimu Spiral, yang melewati dua terowongan.

Untuk mengatasi medan yang terjal, dibuat tiga kurva tapal kuda, dan tiga lingkaran penuh.

3. Trans-Mongolia, rute Russia-China

 

Mengikuti rute para pedagang pada abad ke-17 yang pernah digunakan untuk menyeberangi Siberia, membawa teh dari China ke Russia, Trans-Mongolia bisa dikatakan sebagai rute kereta api terbesar di dunia.

Bagaimana tidak, rute sepanjang 7,621 km tersebut memakan waktu hingga satu minggu perjalanan nonstop antara Moskow dan Beijing. Bahkan, melintasi enam zona waktu dan melintasi wilayah Asia yang sebagian besar tidak dapat dijangkau.

Anda bisa melihat pemandangan tak berujung Rusia, yang terdiri dari kota-kota besar, pohon birch, dan dataran bersalju. Kemudian sebelum menyeberang, mata Anda juga akan dimanjakan oleh pemandangan stepa ger-dotted Mongolia, juga ibu kota Ulan Batar. Sepanjang perjalanan menuju Beijing, Anda juga bisa melihat Tembok Besar, yang menjadi salah satu landmark China.



4. Jalur White Pass dan Yukon, Kanada-Amerika Serikat

Ketika trio pencari emas menemukan emas di anak sungai Klondike pada tahun 1896, hal tersebut menjadi semacam getok tular yang membuat sebagian besar warga dunia demam emas.

Para penyelundup emas mulai mendaki jalur Chilkoot yang berbahaya untuk mendapatkan harta karun tersebut.

Tetapi, antara tahun 1898 dan 1900, rel kereta api sempit dibangun di melalui medan yang tampak mustahil tersebut, untuk membuat perjalanan menjadi lebih mudah.

Jalur kereta White Pass dan Yukon melewati terowongan, jembatan, dengan kemiringan hingga 3,9 persen, serta tikungan tebing yang curam. Jalur tersebut juga mempunyai rute menanjak sejauh satu kilometer di 32 km pertama.

Pemandangan yang bisa Anda saksikan selama lintasan sejauh 109 km tersebut adalah Sungai Skagway yang terjepit di antara air terjun, hutan lebat, gletser, melintasi perbatasan AS/Kanada di White Pass, dan Danau Bennet.

5. Jalur Copper Canyon, Meksiko

Para penakluk Spanyol yang menemukan perak di Copper Canyon,di utara Meksiko pada abad ke-17, harus mempekerjakan keledai dan penduduk Raramuri untuk mengangkut rampasan mereka.

Mereka menyukai ‘El Chepe’ alias Copper Canyon Railway, yang menghubungkan kota pesisir Topolobampo ke kota pedalaman berdebu, Chihuahua.

Memakan waktu sekitar 90 tahun, jalur sepanjang 655 km tersebut akhirnya dibuka tahun 1961.

Dengan pemandangannya yang dramatis, El Chepe harus melewati 87 terowongan, 36 jembatan, dan tikungan tajam saat naik ke ketinggian 2.400 m.

 Ilustrasi

6. Cusco-Machu Picchu, Peru

Jika Anda tidak punya waktu atau izin untuk mendaki Jalur Inca klasik ke Machu Picchu, maka ini adalah pilihan kedua yang bagus.

Kereta api yang berangkat dari Poroy, tepat di luar Cusco, membelah pegunungan, melewati desa Andes, Sungai Urubamba, dan benteng Inca di Ollantaytambo.

Perjalanan sejauh 86 km itu akan berakhir di Aguas Calientes, kota mata air panas. Dari sana Anda bisa melihat reruntuhan Machu Picchu yang tertutup kabut.

7. Jalur St Kitts, St Kitts-Nevis

Kereta wisata ukuran sempit St Kitts, ‘Kereta Api Terakhir di Hindia Barat’, merupakan pengingat ketika industri utama pulau Karibia yang subur bukanlah pariwisata, tetapi gula.

Pada tahun 1775, ketika Inggris memiliki pulau tersebut, St Kitt memiliki sekitar 200 perkebunan yang menanam ‘emas putih’. Pada awal abad ke-20, rel kereta di sekeliling pulau tersebut dibangun, untuk mengangkut rotan ke pabrik pusat.

Ketika industri menurun, jalur dibuka kembali sebagai tempat yang luar biasa bagi pengunjung untuk melihat pantai yang dihempas ombak, pohon palem yang bergoyang, dataran tinggi zamrud yang berada di 1,156 m Gunung Liamuiga, serta reruntuhan perkebunan tebu.

Saat ini kereta hanya dapat berjalan di sepanjang pantai Atlantik St Kitt, dengan tur bus untuk menyelesaikan perjalanan. Ada pemberhentian di Brimstone Hill Fortress yang dibangun oleh orang Inggris untuk melindungi gula mereka yang berharga.

8. California Zephyr, AS

Ketika jalur kereta api yang melintasi Amerika Serikat, selesai dibangun pada tahun 1869, membuat waktu perjalanan dari pantai ke pantai lebih singkat.

Perjalanan Zephyr mulai dari kota berangin, Chicago, melewati dataran rendah, melintasi Pegunungan Rocky dan Sierra Nevada, dan beristirahat di Emeryville, di tepi Samudra Pasifik.

9. Jalur Heart of Wales, Inggris Raya

Pada abad pertengahan, lanskap pedesaan indah yang dilalui oleh kereta api ini dulunya merupakan daerah daerah perbatasan Inggris dan Wales yang penuh sesak.

Jalur Heart of Wales selesai dibangun oleh Mercian King Offa pada tahun 1868, yang bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke 150 tahun.

Anda bisa naik Swansea sampai Shrewsbury, dan menikmati lanskap berupa Muara Loughor, perbukitan Carmarthenshire, Sugar Loaf, serta Black Mountain.

10. Reunification Express, Vietnam

Kereta api Utara-Selatan yang dikenal sebagai Transindochinois atau Reunification Express, dibuka pada tahun 1939 untuk menghubungkan ujung-ujung Vietnam.

Lintasan sepanjang 1,726 km tersebut membentang dari Hanoi di utara hingga Saigon di selatan.

Jalur tersebut sempat rusak dan terputus karena Perang Vietnam, tetapi setelah penyatuan negara tersebut, perjalanan kereta api rute Saigon-Hanoi kembali normal.

Sebagai pengingat tentang perang Saigon, Anda bisa mengunjungi resor pantai Nha Trang di pelabuhan tua Hoi An, dan bekas ibu kota kekaisaran Hué.

11. Marrakech Express, Maroko

Pada akhir tahun 1960-an, Maroko menjadi pemberhentian penting bagi tipe kontra-budaya berambut panjang yang mencari ketidakkonvensionalan eksotis.

Termasuk band rock Crosby, Stills and Nash, pelantun lagu ‘Marrakech Express’ pada tahun 1969, yang mengilhami banyak orang untuk naik kereta ke kota berusia ribuan tahun tersebut.

Cara terbaik untuk memulai perjalanan adalah dengan menaiki feri dari Spanyol selatan ke Afrika Utara. Kemudian Anda bisa naik kereta di labirin Tangier dan melintasi ibu kota Rabat dan Casablanca art deco, hingga akhirnya, Anda bisa mencapai medina tua yang ajaib di Marrakech.

 Ilustrasi

12. Jalur Konkan, India

Dibuka pada tahun 1998, jalur kereta api Konkan menghubungakan kota megapiolis Mumbai dan pelabuhan Mangalore (Karnataka). Terdapat lebih dari 2.000 jembatan dan 90 terowongan yang diperlukan untuk membangun rute antara Laut Arab dan Bukit Sahyadri.

Sepanjang jalan, Anda bisa melihat lanskap alam berupa sungai, lembah, gunung, pepohonan, hingga desa-desa kecil. Anda juga akan memasuki jantung India Portugis, yang menguasai bagian-bagian ‘anak benua’ dari 1505 hingga 1961.

Turun di Stasiun Karmali, Anda bisa mengunjungi Goa Tua, yang pernah menjadi ibu kota raja muda Portugis dan sekarang telah menjadi reruntuhan atmosfer.

Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: