2 Tol RI Terunik: Dibangun di Atas Laut dan Berfondasi Campur Bambu

Jumat, November 11, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Foto: ANTARA FOTO/AJI STYAWAN

Indonesia kini memiliki dua jalan tol yang dibangun di atas perairan. Dua tol ini terbilang unik karena karakteristiknya yang dibangun di atas perairan.

Ini adalah tol Semarang-Demak yang dibangun terintegrasi dengan tanggul laut. Tol ini dibangun dengan struktur timbunan di atas laut yang diperkuat dengan matras bambu setebal 13 lapis. 



Foto: ANTARA FOTO/AJI STYAWAN

Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,95 km. Jika mengacu kepada data 5 tol atas air terpanjang di dunia, maka tol ini ada di urutan ketiga terpanjang di dunia. 

Foto: Dok. Kementerian PUPR.

Selain sistem matras bambu, penguatan kondisi tanah juga dilakukan dengan cara pemasangan material penyalir vertikal pra-fabrikasi atau PVD serta melaksanakan pembebanan menggunakan material pasir laut yang diambil menggunakan alat Trailing Suction Hopping Dredger atau TSHD. 
Foto: istimewa

Ini adalah tol Bali Mandara yang kini dipercantik menjelang perhelatan presidensi G20. Tol ini kini dilengkapi oleh PLTS. 

Foto: Dok. Jasa Marga

Tol Bali Mandara adalah tol atas laut pertama yang dibangun di Indonesia. Dioperasikan sejak 2013, tol ini memiliki total panjang 12,7 km dan kini berada di urutan kelima tol atas laut terpanjang di dunia. 

Foto: Dok Jasamarga Bali

Tol ini menjadi satu-satunya Jalan Tol di Indonesia yang memiliki jalur sepeda motor, menghubungkan wilayah Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua. 







Sumber : detik.com

0 comments: