4 Rekomendasi Wisata Jogja Sarat Sejarah, Kental akan Budaya

Selasa, November 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

4 Rekomendasi Wisata Jogja Sarat Sejarah, Kental akan Budaya
Taman Sari Jogja. (Pexels/Rafli)

SuaraJogja.id - Jogja tidak hanya kental dengan wisata budaya dan alamnya saja. Terdapat wisata sejarah yang patut kamu ketahui, dan kunjungi apabila berencana untuk liburan ke Kota Pelajar ini. Kira-kira apa saja ya rekomendasi wisata penuh sejarah yang ada di Jogja? 

Terdapat beberapa tempat bersejarah yang bisa kamu datangi, apabila sedang berada di Jogja. Berbagai wisata tersebut, menyimpan sejarah yang panjang dan cerita-cerita menarik untuk disimak. Selain itu, ada peninggalan masa lalu, yang bisa menjadi pelajaran di masa depan. 

Buat kamu yang ingin liburan ke Jogja, dan melaksanakan liburan di kota ini yuk disimak  4 rekomendasi wisata Jogja yang penuh sejarah. 

1. Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat 

Tempat pertama yang harus dikunjungi adalah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton ini didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I sekitar tahun 1755 tepatnya beberapa bulan pasca Perjanjian Giyanti. 

Ciri khas Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah kental dengan kebudayaan Jawa. bukan cuma itu, arsitekturnya juga masih terjaga dari dulu hingga sekarang. Lokasi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat berlokasi di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton. 

2. Situs Taman Sari

Taman Sari merupakan peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono I. Sesuai namanya Taman Sari merupakan taman yang dahulunya dipakai sebagai tempat rekreasi bagi sultan dan kerabat istana. Bukan cuma taman, di area ini adalah tempat yang unik bernama Sumur Gumuling. 

Tempat ini berupa bangunan bertingkat dua dengan lantai bagian bawahnya terletak di bawah tanah. Lokasi situs Taman Sari berada di Jalan Taman, Kecamatan Kraton Kota Jogja. 

3. Keraton Kotagede

Rekomendasi wisata Jogja penuh sejarah berikutnya ada Keraton Kotagede. Wilayah ini dahulunya adalah ibu kota Kesultanan Mataram sekitar tahun 1586 sampai dengan 1613. Keraton Kotagede kental dengan perpaduan Islam dan zaman pra-Islam sehingga menyuguhkan konsep kawasan yang menarik. 

Hingga kini situs Keraton Kotagede masih menyisakan beberapa bangunan kerajaan seperti benteng, pasar, masjid, dan pemakaman. Lokasi Keraton Kotagede di Jalan Mentaok Kotagede, Kota Jogja. 

4. Situs Warungboto

Tempat wisata Jogja penuh sejarah yang terakhir adalah situs Warungboto. Situs ini nama aslinya adalah Pesanggrahan Rejawinangun, yang berfungsi sebagai sebuah pesanggrahan dan pemandian. 

Situs tersebut mulai dibangun oleh Gusti Raden Mas Sundara sekitar tahun 1785 masehi. Hingga kini situs tersebut masih terjaga keasliannya, dan bagi kamu yang ingin berkunjung lokasinya ada di Jalan Veteran No. 77, Kelurahan Warungboto, Kêmantrèn Umbulharjo, Kota Jogja. 

Well, itu tadi 4 rekomendasi tempat bersejarah di Jogja. Kira-kira tempat mana dulu ini yang ingin kalian kunjungi? 

Sumber : suara

0 comments: