5 Cara Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh pada Anak Sejak Dini

Senin, November 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

imboost imun anak, (Foto: Freepik)

SEMUA orang tua pasti tak ingin anak tercintanya jatuh sakit. Sebagai orang tua, sudah jadi kewajiban dan tugas untuk menjaga kesehatan anak agar tidak jatuh sakit terserang berbagai penyakit.

Sebagai upaya membantu anak agar terhindar dari penyakit, penting untuk mendorong kebiasaan baik dan melakukan beberapa cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sejak usia dini. Mewarta Cleveland Clinic, Minggu (6/11/2022) berikut lima tips yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak anda yang dapat dimulai sejak dari bayi.

1. Menyusui: Meski pun ini adalah keputusan yang sangat pribadi, sebisa mungkin jika memang bisa sebaiknya anak dapat ASI eksklusif setidaknya selama enam bulan. Banyak manfaat kesehatan dari ASI untuk bayi, salah satunya dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyusui ASI bisa mengurangi alergi pada anak.

2. Ajarkan mencuci tangan teratur: 80 persen infeksi menyebar melalui sentuhan. Ajari si kecil untuk terbiasa mencuci tangan dengan air dan sabun setelah bersin, batuk dan usai dari kamar mandi. Mencuci tangan dengan air hangat dan sabun setidaknya selama 20 detik, dapat menghilangkan bakteri dan virus dan bisa  mengurangi kemungkinan infeksi paru-paru hingga 45 persen. 

3. Tidak skip imunisasi: Ikuti saran dokter anak Anda tentang jadwal vaksinasi anak. Imunisasi dimulai pada masa bayi dan berlanjut hingga dewasa dan mencegah campak, gondok, cacar air, rotavirus, dan infeksi lainnya.

4. Jadikan tidur sebagai prioritas: Demi memaksimalkan kekebalan, anak harus cukup tidur. Bayi antara 0 dan 3 bulan butuh 14 hingga 17 jam tidur, bayi usia 4 hingga 12 bulan membutuhkan 12 hingga 16 jam tidur. Sementara anak-anak antara usia 1-2 tahun perlu waktu tidur 11 dan 14 jam. Anak-anak antara usia 3 dan 5 harus mendapatkan 10-13 jam waktu tidur, anak 6- 12 harus dapat waktu tidur sehari selama 9 dan 12 jam. Remaja antara usia 13 hingga 18 tahun membutuhkan 8 hingga 10 jam. Kurang tidur membatasi kemampuan tubuh untuk memproduksi protein sitokin yang membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan tubuh kita.

5. Dorong pola makan sehat: Pola makan sehat penting untuk sistem kekebalan anak Anda. Direkomendasikan untuk mendorong anak, untuk mau konsumsi makanan warna pelangi, artinya ada buah dan sayuran yang artinya lebih dari satu macam dalam satu piring. Konsumsi makanan olahan seminimal mungkin. Pilihan makanan yang tepat dapat membantu memastikan bahwa anak dapat cukup vitamin A dan E, yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan yang baik dan sistem kekebalan yang kuat.


Sumber : okezone.com

0 comments: