5 Jenis Makhluk Halus Menurut Kepercayaan Masyarakat Jawa, Nomor 3 Doyan Cewek Cantik!

Selasa, November 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 11 07 406 2702211 5-jenis-makhluk-halus-menurut-kepercayaan-masyarakat-jawa-nomor-3-doyan-cewek-cantik-T3JYWR3UxG.JPGIlustrasi (Foto: Shutterstock)

5 JENIS makhluk halus dalam kepercayaan masyarakat Jawa menarik untuk dibahas. Kepercayaan terhadap makhluk halus memiliki nilai spiritual tersendiri.

Masyarakat Jawa kental dengan hal mistis dan gaib. Kepercayaan dengan hal mistis sudah diwariskan turun-temurun dari leluhurnya.

Misalnya, kepercayaan terhadap makhluk halus. Makhluk halus merupakan sosok yang tak kasat mata. Kehadiran mereka menjadi fenomena yang mempengaruhi kehidupan.

Setidaknya, terdapat 5 jenis makhluk halus dalam kepercayaan masyarakat Jawa. Berikut ulasannya.

Tuyul

Tuyul lekat dengan kegiatan pesugihan. Memelihara tutuk membuat seseorang menjadi kaya raya. Tuyul adalah makhluk halus berwujud anak kecil. Tuyul digambarkan dengan kepala botak, tubuh kecil dan tanpa busana. Hanya ada kain putih yang menutupi bagian bawahnya.

Seseorang dapat memperoleh tuyul setelah bersemedi. Mereka harus memberi tumbal sebagai bayaran kepada tuyul. Korbannya berupa manusia pilihan.

Kuntilanak

Jenis makhluk halus dalam kepercayaan masyarakat Jawa selanjutnya adalah kuntilanak. Makhluk halus ini berwajah seperti wanita dengan gaun putih dan berambut panjang. Kuntilanak merupakan arwah wanita hamil yang meninggal dunia.

Mereka kerap mengganggu manusia untuk balas dendam. Berdasarkan kepercayaan Jawa, wanita hamil harus membawa senjata tajam seperti paku atau gunting. Tujuannya untuk menangkal kuntilanak.

Genderuwo

Genderuwo memiliki bentuk yang sangat menakutkan. Tubuhnya besar berwarna hitam dan matanya berwarna merah. Berdasarkan mitos Jawa, genderuwo berwujud seperti kera dengan bulu pada sekujur tubuhnya.

Makhluk menyeramkan ini dikatakan sebagai 'jin mesum'. Genderuwo konon doyan mengganggu wanita cantik apalagi mereka yang berjalan sendirian. Jin ini juga dikenal genit dan punya hasrat seksual tinggi, sehingga tak jarang dimanfaatkan juga sebagai media pesugihan oleh wanita yang sudi berhubungan intim dengannya.

Nyi Roro Kidul

Kisah Nyi Roro Kidul sangat populer dikalangan masyarakat Jawa. Nyi Roro Kidul dikisahkan sebagai penunggu laut selatan. Eksistensinya digambarkan dengan seorang wanita cantik dengan pakaian kerajaan jaman dulu.

Menurut ahli supranatural, Nyi Roro Kidul bukanlah makhluk jahat. Nyi Roro Kidul tidak mungkin menyerang manusia.

Nyi Roro Kidul

(Foto: Okezone.com/Bramantyo)

Banaspati

Masyarakat Jawa mempercayai adanya banaspati. Makhluk halus ini memiliki wujud yang mengerikan. Tubuh mereka diselimuti api membara. Ada dua wujud dari banaspati yaitu berwujud manusia dan bola api. Wujud yang kedua konon sangat berbahaya karena bisa langsung mencelakai manusia.

Sumber : okezone

0 comments: