5 Kampung Unik di Indonesia yang Mendunia, Apa Saja?

Selasa, November 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 11 10 408 2705022 5-kampung-unik-di-indonesia-yang-mendunia-apa-saja-W31t196Hb8.jpgKampung 3D di Malang (Foto: Bosnia.net)

ADA 5 kampung unik di Indonesia yang mendunia. Jika mendengar kata kampung yang terbayang mungkin sebuah desa yang asri, kehidupan penuh nilai tradisional, dan jauh dari hiruk pikuk modern.

Namun, seiring perkembangan zaman, kampung-kampung yang ada terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan pola pikir masyarakatnya. Tak jarang, kampung-kampung yang ada sebagai wadah pengaplikasian ide-ide kreatif masyarakatnya.

Bahkan, tak jarang terkenal hingga mendunia. Lantas, mana saja kampung unik di Indonesia yang mendunia? Simak ulasannya 

1. Kampung Inggris, Pare

Mungkin bagi orang yang hendak belajar bahasa Inggris tak asing dengan kampung ini. Kampung yang di desa Pelem dan Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur ini kerap jadi jujukan para murid maupun mahasiswa di masa libur sekolah.

Tak heran jika di kampung ini banyak kursus bahasa asing terutama bahasa Inggris. Kampung ini hasil kerja keras Kalend Osen dan sang guru Kiai Yazid yang mahir bahasa asing

2. Kampung Cyber, Yogyakarta

Kampung cyber sejatinya adalah kampung yang seluruh warganya melek akan teknologi dan memiliki akses berselancar di dunia maya. Kampung yang pernah dikunjungi oleh Mark Zuckerberg ini bermula dengan keinginan membangun jaringan komunikasi antar warga di kampung Patehan, Kraton, Yogyakarta dengan memanfaatkan internet.

Kampung yang digagas oleh Antonius Sasongko sejak 2008 ini kini terus berkembang. Di setiap rumah warganya telah terhubung dengan koneksi internet menggunakan dana iuran bersama.

3. Kampung Teletubbies, Yogyakarta

Tak hanya kampung Cyber, di Jogja juga ada Kampung Teletubbies yang bangunannya selayaknya rumah kartun anak-anak tersebut. Kampung yang ada di Dusun Nglepen, Prambanan, Sleman, Yogyakarta itu dulunya hancur akibat gempa pada 27 Mei 2006.

Lantaran warga desanya menjadi tunawisma, LSM Wango (World Association of Non-Governmental Organizations) melakukan uji pembuatan rumah dome untuk relokasi warga Ngelepen. Kini, terdapat 71 unit dan sembilan bangunan lainnya untuk keperluan umum seperti MCK, mushola, dan klinik di area seluas dua hektar.

4. Kampung 3D, Malang

Kampung yang terletak di jalan Temenggungan Ledok RW 12, Kelurahan Kesatrian, Kota Malang ini menjadi perhatian masyarakat Indonesia bahkan dunia. Bagaimana tidak, kampung yang dikenal dengan sebutan kampung tridi ini menjadi satu destinasi yang tak boleh terlewatkan.

Di kampung tridi ini dihiasi berbagai mural yang keren menggunakan cat berwarna-warni. Tak hanya mural biasa, namun lukisan yang letaknya di dinding rumah maupun jalan ini membuat terlihat sangat nyata saat difoto.

5. Kampung Wadon, Ngawi

Kampung satu ini termasuk kampung yang cukup unik. Sebab, mayoritas warganya adalah perempuan atau dalam bahasa Jawa artinya wadon. Sayangnya, kampung yang terletak di Jati, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur ini terancam punah.

Pasalnya, jumlah warganya semakin sedikit dan banyak yang memilih untuk pindah ke tempat lain. Terlebih, warga yang tinggal rata-rata berusia lanjut.

Kepercayaan yang mengakar di kampung ini adalah laki-laki yang sudah menikah dengan warga Kampung Wadon akan sengsara jika tak segera pergi dari sana. Oleh sebab itu, para laki-laki pun pindah tinggal di tempat lain.

Itulah 5 kampung unik di Indonesia yang mendunia.

Sumber : okezone

0 comments: