5 Penyebab Timnas Indonesia U-20 Kalah 0-2 dari Al-Adalah FC, Nomor 1 Faktor Pengalaman

Senin, November 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

5 Penyebab Timnas Indonesia U-20 Kalah 0-2 dari Al-Adalah FC. (Foto: PSSI)

penyebab Timnas Indonesia U-20 kalah 0-2 dari Al-Adalah FC akan dibahas Okezone di artikel ini. Seperti yang diketahui, Garuda Nusantara dibuat tak berdaya oleh klub kasta tertinggi di Liga Arab Saudi tersebut dengan menelan kekalahan 0-2 pada Minggu 13 November 2022 malam WIB.

Bermain di Stadion Emirhan Side, Turki, pasukan Shin Tae-yong tersebut awalnya sempat memberikan perlawanan hingga menutup babak pertama dengan skor sama kuat 0-0. Namun, pada babak kedua Al-Adalah FC sanggup mencetak dua gol yang membuat Timnas Indonesia U-20 kalah.

Lantas apa sebenarnya yang menjadi alasan Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan bisa tumbang?

Berikut 5 Penyebab Timnas Indonesia U-20 Kalah 0-2 dari Al-Adalah FC

5. Kelelahan

Timnas Indonesia U-20 vs Al-Adalah FC

Tak dapat dipungkiri Timnas Indonesia U-20 memiliki jadwal latihan uji coba yang cukup padat selama pemusatan latihan (TC) di Turki. Sebelum melawan Al-Adalah FC, Timnas Indonesia U-20 telah melawan Baeruk SK yang berakhir dengan skor 3-3 pada Jumat 11 November 2022.

Hanya mendapatkan istirahat sehari saja, Timnas Indonesia U-20 pun langsung dihadapkan laga uji coba dengan melawan klub senior yang bermain di turnamen kasta tertinggi Liga Arab Saudi. Karena hal tersebut, para pemain tampak tak mampu bermain maksimal saat dihajar Al-Adalah FC.

4. Sering Salah Lakukan Umpan

Timnas Indonesia U-20 vs Al-Adalah FC

Memberikan umpan adalah teknik dasar dari bermain sepakbola, namun nyatanya Shin Tae-yong melihat Timnas Indonesia U-20 masih kurang dalam hal memberikan umpan. Alhasil, momen-momen emas kadang langsung menghilang ketika timing memberikan umpan tidak tepat.

“Memang ada tiga atau empat hal yang harus diperbaiki, yang pertama soal timing saat mengoper bola,” ungkap Shin Tae-yong usai laga Timnas Indonesia U-20 vs Al-Adalah FC.

3. Transisi ke Serangan Balik yang Masih Belum Sempurna

Timnas Indonesia U-20

Shin Tae-yong mengeluhkan kecepatan para pemain Timnas Indonesia U-20 saat melakukan transisi dari bertahan ke menyerang saat dikalahkan Al-Adalah FC. Ia menilai saat serangan balik, semuanya dilakukan dengan cepat, namun pada kenyataannya para pemain masih kesulitan mempraktekkannya.

“…lalu ketika ambil bola dari lawan, harusnya ada kecepatan untuk melakukan serangan balik,” ungkap Shin Tae-yong.

2. Inisiatif Mencari Ruang Masih Minim

Timnas Indonesia U-20 vs Al-Adalah FC

Menghadapi tim dengan pengalaman yang banyak seperti Al-Adalah FC, Timnas Indonesia U-20 harus berpikir dengan cepat dalam setiap pergerakannya. Namun, Shin Tae-yong justru melihat banyak pemain yang masih telat dalam mengambil keputusan.

Terutama dalam hal memanfaatkan ruang. Shin Tae-yong melihat ketika ada pemain yang mencoba membuka ruang, namun sang pemegang bola justru tak memberikan umpan. Peluang gol pun pada akhirnya sulit tercipta.

“Dan juga ruang, maksud saya, pemain belum paham konsep memanfaatkan ruang, jadi maksudnya kalau ada pemain yang menciptakan ruang, harusnya ada yang datang, dan oper bola ke daerah itu,” lanjut Shin Tae-yong.

1. Kalah Pengalaman

Timnas Indonesia U-20 vs Al-Adalah FC

Timnas Indonesia U-20 merupakan tim yang berisikan pemain-pemain muda yang sedang mencoba mencari pengalaman sebanyak mungkin agar bisa bersinar di masa depan. Sementara Al-Adalah FC adalah klub profesional yang bermain di kasta tertinggi liga Arab Saudi.

Hal itu jelas menjadi perbedaan yang amat besar. Para pemain Al-Adalah FC jauh lebih berpengalaman dan hal tersebut mereka manfaatkan untuk bisa mengalahkan Timnas Indonesia U-20.

Kendati demikian, positifnya untuk Timnas Indonesia U-20, para pemain menjadi dapat pengalaman bermain dari Al-Adalah FC.



Sumber : okezone.com

0 comments: