5 Tips Hadapi Anak Tantrum, Jangan Langsung Dihukum Ya Ayah Bunda!

Rabu, November 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Tips hadapi anak tantrum, (Foto: Youtube Carysha Sumau)

Carysha Sumau, selama ini dikenal sebagai konten kreator yang aktif membagikan video tentang kecantikan, gaya hidup, ataupun vlog bersama keluarga kecilnya di kanal YouTube pribadinya.

Melalui unggahan video YouTube kali ini, Carysha akan membagikan tips untuk menghadapi anak yang sedang mengalami tantrum.

Ya, anak kecil memang tak luput dari yang namanya tantrum. Mengingat pada dasarnya tantrum ini dilakukan untuk mengekspresikan diri anak yang mungkin sedang marah, frustasi, atau kesal. Biasanya hal ini terjadi apabila anak sedang lapar, capek, atau merasa tidak nyaman.

Nah, saat anak sedang tantrum sebaiknya jangan langsung dimarahi atau dihukum. Berikut lima tips yang dapat dilakukan apabila anak sedang tantrum ala Carysha Sumau, Rabu (23/11/2022).

1. Dipeluk: Berikan pelukan supaya anak merasa nyaman, saat tantrum biasanya anak akan mencari sosok yang akan membuatnya nyaman, di situlah peran orang tua dibutuhkan. Namun jika anak tidak ingin dipeluk, maka jangan dipaksa, dan biarkan emosinya mereda terlebih dahulu.

2. Alihkan perhatian anak: Bisa dengan cara membawanya keluar dari rumah untuk jalan-jalan, memutar musik, atau mengajaknya ngobrol atau berbincang.

3. Tahan emosi: Meski kadang membuat orang tua emosi, namun tenangkan dulu diri kita sebagai orang tua untuk bisa menenangkan anak. Jika orang tua ikut kesal dan marah, maka tidak akan bisa mengendalikan tantrum anak, dan justru akan membuat anak semakin meledak-ledak.

4. Jangan panik: Tetap tenang, apabila orang tua tidak bisa mengontrol emosi, maka anak akan mudah menirukan perilaku orang tua.

5. Jangan menghukum anak: Kontrol yang kurang tepat dalam menghadapi anak yang sedang tantrum akan berdampak pada mental anak dalam mengelola emosinya di kemudian hari.



Sumber : okezone.com

0 comments: