5 Tips Makan Cokelat yang Benar Menurut Ahli, Jangan Dibarengi Air Dingin!

Jumat, November 04, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ternyata menikmati cokelat ada triknya, lho!
Ya, umumnya cokelat menjadi salah satu camilan yang enak disantap langsung maupun diolah menjadi berbagai masakan. Tidak heran kalau makanan manis ini menjadi kegemaran banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
Akan tetapi, bukan hanya dimakan begitu saja, ada tips rahasia makan cokelat supaya rasanya lebih nikmat. KumparanFOOD pun berhasil mewawancarai Richie Pratadaja selaku pendiri restoran Crio sekaligus chocolatier asal Indonesia yang berpengalaman bekerja belasan tahun di Amerika Serikat.
Ditemui dalam sebuah acara di Jakarta Pusat, Rabu (2/11), begini tips menikmati cokelat yang tepat menurut Richie. Yuk, simak selengkapnya!

1. Dicium baunya

Sebelum menikmati cokelat alangkah lebih baik kalau kamu mencium aromanya terlebih dahulu. Sama seperti kopi, cokelat juga memiliki aroma yang berbeda-beda. Bahkan chef Richie juga mengungkapkan karakteristik baik atau buruknya cokelat bisa diketahui dari aromanya.
“Paling gampang; satu, dicium baunya. Biasanya ada aroma tersendiri dari cokelat itu,” kata chef Richie.

2. Dibelah kecil


Setelah dicium, selanjutnya adalah memotong cokelat menjadi bagian yang kecil. Hal ini dapat memudahkan menikmati makanan manis ini tanpa terlalu penuh. Setelah dimasukkan ke mulut, kamu bisa mengunyahnya sedikit. Tapi pastikan jangan semuanya dikunyah, ya!
“Habis itu dipotek (dibelah) kecil lalu dimasukkan ke mulut. Selanjutnya bisa dikunyah sedikit sampai dia menjadi potongan kecil,” lanjutnya.

3. Nikmati lumernya cokelat dalam mulut

Sensasi makan cokelat terletak pada lumernya makanan manis ini di dalam mulut. Selain memberikan efek rileks, proses ini juga bisa membantu kamu dalam mengenal karakteristik dari cokelat yang dimakan.
“Habis itu diemut dan dibiarkan saja meleleh di mulut. Biarkan rasanya semua keluar. Lalu, sesekali buang napas yang dalam. Dari situ kalian bisa merasakan karakter cokelat mulai dari aroma, rasa, dan tekstur,” ujar chef Richie.

4. Jangan minum air dingin


“Kalau makan cokelat, jangan minum air dingin! Karena kalau cokelat ketemu air dingin itu sifatnya langsung mengeras. Meskipun tidak beku, tetapi dia otomatis akan tegang,” larangnya.
Memakan cokelat yang manis terkadang membutuhkan minum untuk menetralisirnya. Chef Richie menyarankan agar tidak minum air dingin. Kendati demikian kamu bisa mengganti air dingin dengan air hangat. Hal itu akan membuat sisa cokelat di mulut menjadi lebih lumer.

5. Barengi dengan makanan lain

Cokelat tidak hanya bisa dimakan begitu saja. Camilan manis ini juga bisa dinikmati bersamaan dengan makanan lain supaya lebih nikmat. Roti misalnya, bisa menjadi salah satu pendamping untuk menikmati cokelat.
“Orang biasanya makan cokelat dibarengi dengan roti. Hal ini karena roti memiliki serat yang membantu untuk membersihkan lidah,” tutupnya.

Sumber : kumparan.com

0 comments: