5 Tips Pumping ASI di Kantor

Rabu, November 30, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Untuk Mama-mama yang kini sudah kembali bekerja, sebaiknya mengetahui nih apa saja tips pumping ASI di kantor.

Mungkin banyak Mama-mama di sini yang merasa galau saat mulai bekerja lagi. Pasalnya kamu jadi harus meninggalkan si kecil dan enggak bisa menyusuinya dengan langsung.
Sebenarnya kamu enggak perlu khawatir kok, Ma! Biarpun tidak bisa menyusui bayi secara langsung, kamu tetap bisa menyiasatinya dengan cara memerah atau melakukan pumping ASI di kantor.
Kamu pun tak perlu cemas. Sebab, baik menyusui secara langsung maupun minum dari ASI perah, bayi tetap bisa merasakan manfaat ASI yang optimal.
Nah, biar kebutuhan ASI untuk bayi tetap terpenuhi. Tentunya kamu perlu pintar-pintar mengelola waktu supaya bisa melakukan pumping ASI tanpa bikin pekerjaan di kantor kamu terganggu.
Iya sih memang dibutuhkan perencanaan yang khusus untuk tetap memberikan ASI eksklusif biar tetap lancar, meski kamu sudah sibuk di kantor.
Makanya, enggak ada salahnya nih buat Mama-mama menyimak tips pumping ASI di kantor. Apa sajakah? Simak selengkapnya di sini yang telah Mama rangkum dari berbagai sumber ini!

Tips Pumping ASI di Kantor

1. Siapkan Seluruh Persiapan Pumping

Mama-mama perlu mempersiapkan segala sesuatunya untuk membuat proses pumping menjadi lebih lancar.
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan peralatan pumping dengan sebaik mungkin. Mulai dari memastikan kebersihan dari alat-alat pompa ASI, menyiapkan kantong ASI, tas untuk menyimpan ASI, hingga memastikan suhu ASI tetap dingin selama dalam perjalanan.

2. Menggunakan Pompa ASI yang Nyaman Digunakan

Buat masalah memilih pompa ASI, sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.
Ada Mama-mama yang lebih senang dengan pompa ASI elektrik, ada juga yang pompa ASI manual. Semuanya dikembalikan lagi kepada kamu ya, Ma! Asalkan bisa membuat kamu nyaman.

3. Menggunakan Pakaian yang Mendukung

Hal ini sebenarnya simpel sih tapi penting untuk diperhatikan. Kebayang dong Mama-mama mau melakukan pompa ASI, tapi baju yang kamu gunakan itu modelnya ribet dan malah menyulitkan proses pumping.
Biar mempermudah, kamu bisa memilih baju dengan kancing depan atau bra khusus menyusui yang lebih mudah dibuka.

4. Membuat Jadwal Pumping

Kesibukan pekerjaan bukan berarti alasan untuk kamu tidak melakukan pumping. Normalnya, Mama-mama bisa melakukan pompa ASI selama 10-20 menit setiap 3-4 jam sekali.
Supaya hasilnya lebih maksimal, kamu bisa melakukan pompa ASI pada kedua payudara secara bergantian. Sehingga jumlah ASI yang diperah pun bisa lebih banyak.

5. Gunakan Ruangan yang Nyaman untuk Pompa ASI

Biar kualitas ASI kamu semakin baik, tentunya kenyamanan Mama-mama saat melakukan pumping ASI pun perlu diperhatikan.
Kalau di kantor Mama-mama memiliki ruangan khusus untuk ibu menyusui atau ruangan yang lebih private, kamu bisa menggunakan fasilitas tersebut. Tentunya, kamu juga bakal merasa lebih nyaman saat proses memompa ASI bukan?
Itu dia beberapa tips pumping ASI di kantor. Semoga informasi ini bermanfaat bagimu ya!



Sumber : kumparan.com

0 comments: