5 Usaha yang Lagi Viral dan Cocok Dijadikan Ide Bisnis

Senin, November 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Menjadi seorang entrepreneur bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Sebab, diperlukan keberanian, tekad, dan motivasi yang besar untuk memulai terjun ke dalam bidang bisnis.
Namun terkadang orang yang memiliki ide hebat dan motivasi besar pun tidak tahu harus mulai usahanya dari mana. Mereka kebingungan menentukan langkah awal untuk memulai bisnisnya tersebut.
Mengutip buku Cara Memulai Bisnis Sejak Dini karya Riana Desiana (2022) untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa mencari inspirasinya dari lingkungan sekitar. Kemudian, Anda bisa melihat hal-hal kecil untuk dijadikan sebagai ide bisnis atau usaha.
Dari media sosial misalnya, kita dapat mengetahui hal-hal yang baru, sedang viral, dan tengah digandrungi masyarakat termasuk soal ide bisnis. Lantas, apa saja contoh usaha yang lagi viral saat ini?

Usaha yang Lagi Viral di Media Sosial

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut contoh usaha yang lagi viral selengkapnya yang bisa Anda jadikan inspirasi ide bisnis:
com-ilustrasi entrepreneur Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-ilustrasi entrepreneur Foto: Shutterstock

1. Kue tart atau cak


usaha kuliner, khususnya kue, menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Usaha ini memiliki prospek yang cerah dan mampu bertahan dalam jangka waktu lama (sustain).

Mengutip buku Panduan Berbisnis Kue Kekinian karya Siti Nur Aidah (2020), cerahnya prospek usaha kue didukung oleh perkembangan idenya yang tak terbatas. Anda bisa mengreasikan beragam jenis kue yang disukai konsumen seperti kue tart, garlic bread, croffle, dan lain sebagainya.

2. Thrifting

Thrifting adalah usaha menjual pakaian second hand alias bekas yang masih berkualitas bagus. Biasanya, pakaian yang dijual berasal dari brand-brand terkenal.
Bisnis thrift shop cukup viral dan banyak diminati konsumen. Selain karena harganya yang murah, pakaian dari thrift shop juga cenderung masih memiliki kualitas yang bagus

3. Rice bowl

Beberapa tahun belakangan ini, usaha rice bowl cukup ramai dilakoni sejumlah pelaku bisnis. Usaha kuliner ini bisa mengadaptasi menu makanan yang laris manis di pasaran seperti bento, ayam geprek, bakmi, dan lain-lain.
Biasanya, target pasar bisnis rice bowl ditujukan masyarakat kalangan menengah. Bisnis ini cukup stabil dan mampu bertahan untuk beberapa tahun ke depan.

4. Angkringan

Usaha angkringan cukup menjamur di Indonesia. Umumnya, tempat ini menyajikan makanan dan kopi dengan harga yang cukup murah.
Berbeda dengan tempat makan lainnya, angkringan biasa digelar secara lesehan atau menggunakan alas duduk seadanya. Ada banyak menu yang disajikan di angkringan, mulai dari nasi kucing, sate, hingga wedang.

5. Warmindo self service

Warmindo adalah singkatan dari warung makan indomie. Sama seperti warkop, warmindo juga menyediakan beragam menu seperti mi instan, kopi, bubur, dan lain sebagainya.
Belakangan ini, usaha warmindo dengan konsep self service mulai menjamur di Indonesia. Biasanya ide bisnis ini ditekuni oleh anak-anak muda yang baru terjun di dunia entrepreneurship.
Sumber : kumparan

0 comments: