6 Cara Mencegah Bronkitis

Rabu, November 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Penyakit Bronkitis Sumber : Dita Novalita

Bronkitis adalah peradangan yang menyerang lapisan bronkus. Bronkus bertujuan untuk menyalurkan udara dari tenggorokan ke dalam paru-paru. Pada umumnya, penderita penyakit bronkitis ini mengalami gejala berupa adanya lendir yang kental serta merasa sakit di bagian dada.
Perlu anda ketahui, penyakit bronkitis ini bisa bersifat serius apabila penderitanya sebelumnya sudah mengalami penyakit dengan jangka waktu panjang, seperti penyakit paru-paru dan penyakit jantung. Bronkitis dapat disebabkan oleh bakteri, virus, polusi udara, dan berbagai jenis debu, serta dapat menular melalui udara. Apabila penderita bronkitis sudah parah, sebaiknya segera diobati dan ditangani oleh dokter.
Penyakit bronkitis umumnya dapat terbagi dua, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Bronkitis akut adalah infeksi pada saluran pernapasan di bagian tenggorokan yang disebabkan oleh virus dan biasanya dialami balita atau anak-anak. Bronkitis akut dapat sembuh ditandai dengan batuk yang berkurang selama 3 minggu.
Sedangkan, bronkitis kronis adalah penyakit serius yang terjadi secara terus-menerus dan mengakibatkan peradangan pada lapisan bronkus yang dialami orang dewasa. Hal ini dapat disebabkan oleh gas beracun, debu, polusi udara, dan merokok. Jika anda mengalami batuk secara terus-menerus tanpa henti selama 3 bulan, anda memiliki kemungkinan menderita bronkitis kronis.
Gejala yang paling khas dialami penderita bronkitis, yaitu batuk berdahak, mengalami infeksi pernafasan salah satunya flu, merasa sakit di bagian tenggorokan, hidung berair dan tersumbat, merasa sulit untuk bernafas, mudah lelah, demam ringan, dan merasa sakit di bagian kepala.
Meski sepele, penyakit bronkitis ternyata dapat dengan mudah kita hindari. Berikut ini adalah beberapa pencegahan yang dapat kamu lakukan:
1. Mendapatkan vaksinasi
Tindakan yang terbaik untuk mencegah bronkitis adalah melakukan vaksinasi. Salah satu contohnya adalah melakukan Vaksin Influenza setiap tahun. Vaksin tahunan ini dapat menjaga saluran pernapasan kita dari Virus Influenza.
2. Membatasi diri dari penderita bronkitis
Penyakit bronkitis dapat menular melalui udara. Oleh karena itu, anda dapat memakai masker untuk meminimalisir udara yang terhirup dari penderita penyakit bronkitis serta menjaga jarak dari penderita.

3. Usahakan tidak merokok
Salah satu penyebab utama bronkitis adalah merokok. Merokok dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan dan memicu pengeluaran lendir yang semakin lama berwarna kekuningan. Maka dari itu, usahakan untuk tidak merokok agar saluran pernapasan kita tetap sehat.
4. Hindari polusi udara seperti asap rokok, uap kimia, bau-bauan, dan debu
Polusi udara dapat memicu penyakit bronkitis karena menyebabkan kerusakan pada saluran pernapasan. Oleh karena itu, hiruplah udara yang dirasa sejuk dan bersih. Jika tinggal di perkotaan, jangan terlalu sering berada di kemacetan dan hindari asap rokok. Selain itu, anda dapat menanam banyak pohon di teras rumah untuk menyerap polusi yang akan memicu penyakit bronkitis.
5. Terapkan pola makan yang seimbang
Makanan bergizi dan seimbang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat menjaga seseorang dari infeksi virus yang menyebabkan penyakit, termasuk bronkitis. Selain itu, menerapkan pola makan yang seimbang dapat menurunkan kemungkinan risiko penularan. Maka dari itu, anda dianjurkan mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan agar dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
6. Jagalah kebersihan
Bronkitis dapat disebabkan oleh virus melalui udara. Menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan dan menggunakan kain bersih atau tisu ketika anda batuk dan bersin dapat mencegah terjadinya penularan. Anda juga dianjurkan untuk tidak menggunakan satu barang yang sama dengan penderita bronkitis karena dapat memperbesar risiko penularan.
Yuk, perhatikan 6 cara pencegahan di atas agar terhindar dari penyakit bronkitis.

Sumber : kumparan.com

0 comments: