6 Cara Merawat Pakaian Putih Agar Awet & Tidak Berubah Warna

Jumat, November 11, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

6 Cara Merawat Pakaian Putih Agar Awet & Tidak Berubah Warna. Foto: Shutterstock

Pakaian warna putih menjadi fashion item yang wajib ada di lemari. Sebab putih merupakan warna yang netral sehingga mudah dipadupadankan dengan pakaian model lain.
Namun, kamu harus memperhatikan cara penyimpanan pakaian putih. Jika salah penyimpanan atau pencucian, nantinya bisa menyebabkan warna pada pakaian putih menjadi pudar bahkan bisa menguning.
Agar hal itu tidak terjadi, ketahui beberapa tips perawatan pakaian berwarna putih agar warnanya awet dan tidak mudah menguning. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya seperti kumparanWOMAN rangkum dari Cheat Sheet berikut ini.

1. Cuci pakaian putih terpisah dengan warna lain

Penyebab utama pakaian putih berubah warna karena masih banyak orang yang mencampur pakaian berwarna putih dengan pakaian warna lain saat mencucinya. Sayangnya, beberapa jenis kain tidak tahan warna. Itu artinya warna tersebut akan merembes ke pakaian putih dan menyebabkan noda.
Untuk itu, hal pertama yang patut diperhatikan adalah ketika mencuci pakaian putih harus dipisahkan dengan pakaian berwarna lain. Ini berguna untuk menjaga agar warna putih bisa tetap awet dan tidak mudah luntur apalagi menguning.

2. Cuci dengan air hangat

Kemudian disarankan juga mencuci pakaian putih dengan air hangat. Cara ini bisa membantu mengangkat noda di pakaian berwarna putih dengan mudah. Kamu hanya cukup merendam pakaian dalam ember air hangat dengan campuran dua sendok teh deterjen cair selama 2 jam.
Untuk suhu air, kamu bisa membaca keterangan pada label pakaian. Ada beberapa bahan yang mungkin tahan dengan suhu tinggi, namun bahan lain belum tentu aman dicuci dengan air yang panas.

3. Gunakan deterjen dengan kandungan pemutih

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci pakaian putih dengan deterjen yang mengandung pemutih. Ini bisa menjadi alternatif untuk menjaga kemeja putih agar warnanya tetap cerah.
Kamu juga harus memperhatikan takaran deterjen yang digunakan. Sebab penggunaan deterjen yang kurang dan bahkan berlebihan dapat membuat kain menjadi berubah warna.
Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengikuti instruksi pada botol atau kemasan detergen yang kamu gunakan.

4. Jemur pakaian di luar ruangan

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dengan menjemur pakaian putih di luar ruang. Meskipun saat ini sudah banyak mesin cuci dengan teknologi mutakhir yang bisa mengeringkan pakaian dengan instan, cahaya matahari masih menjadi pilihan terbaik untuk menjaga warna pakaian putih agar tetap cerah.
Sebab sinar ultraviolet dari matahari akan membantu mencerahkan dan memutihkan pakaian. Disarankan untuk menjemur pakaian putih saat masih sedikit lembab dan biarkan mengering di udara.

5. Pastikan pakaian benar-benar bersih saat disimpan di lemari

Sebelum menyimpan pakaian putih, pastikan pakaian tersebut benar-benar bersih dan bebas noda. Sebab ketika pakaian putih terpapar kotoran itu bisa membuat warnanya menjadi berubah.

6. Simpan di tempat yang kering


Pilih tempat penyimpanan yang sejuk dan kering. Hindari menyimpan pakaian putih di tempat dengan suhu ekstrem, seperti loteng, ruang bawah tanah, dan garasi karena bisa membuat jamur berkembang biak hingga membuat pakaian berubah warna.
Kamu juga bisa melapisi pakaian tersebut dengan tissue khusus agar pakaian terlindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh cahaya, debu, dan kelembapan. Cara ini juga bisa mencegah pakaian berwarna putih berubah menjadi kuning.
Nah itu dia Ladies, 6 cara tepat untuk menjaga pakaian kamu yang berwarna putih.
Sumber : kumparan.com

0 comments: