6 Destinasi Wisata di Indonesia yang Tak Biasa, Cek Keunikannya

Senin, November 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Yogyakarta - Berwisata menjadi salah satu kegiatan pengusir penat yang menyenangkan. Mengunjungi tempat wisata Indonesia dengan keindahan alam yang menawan atau menjelajah kuliner nusantara bisa menjadi pilihan.

Namun, jika kamu mencari destinasi wisata yang terbilang unik di Indonesia dan belum pernah kamu singgahi sebelumnya, tak perlu khawatir. Beberapa destinasi wisata unik di Indonesia ini bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan:

1. Danau Kakaban

Danau Kakaban berlokasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini merupakan danau air tawar yang cukup unik.

Dalam bahasa daerah, 'kakaban' berarti memeluk. Bisa diartikan bahwa Danau Kakaban adalah pulau yang memeluk danau.

Destinasi wisata ini merupakan habitat bagi para spesies ubur-ubur tidak menyengat. Kamu bisa ikut berenang bersama ubur-ubur di danau, tetapi dianjurkan untuk tidak menggunakan kaki katak atau fin.

2. Gili Iyang

Gili Iyang merupakan sebuah pulau yang berlokasi di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pulau ini disebut sebagai pulau dengan kapasitas oksigen terbaik kedua di dunia.

3. Gua Gong

Gua Gong merupakan destinasi wisata yang berlokasi di Pacitan, Jawa Timur. Gua ini cukup populer di Asia Tenggara karena keindahan stalaktit dan stalagmitnya.

3. Kawah Ijen

Kawah Ijen terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Keunikan di destinasi wisata ini terletak pada fenomena blue fire atau api birunya.

Disebutkan bahwa fenomena unik ini hanya ada dua di dunia, yaitu di Banyuwangi dan Islandia. Waktu terbaik untuk dapat melihat api biru adalah pukul dua dini hari.

4. Pusentasi

Pusentasi terletak di Donggala, Sulawesi Tengah. Destinasi wisata ini juga disebut sebagai sumur raksasa dan pusat laut.

Dinamakan sumur raksasa karena diameter air di destinasi wisata ini mencapai 10 meter dengan kedalaman hingga 5 meter. Penduduk setempat juga percaya bahwa air jernih dalam sumur ini bisa mengobati segala macam penyakit.

5. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan destinasi wisata unik yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Destinasi wisata ini dijuluki 'Little Africa in Java' dan 'Africa van Java' karena saat musim kemarau akan tampak seperti padang savana di Afrika.

Tempat ini juga merupakan tempat untuk melindungi berbagai macam ekosistem flora dan fauna. Saat berada di sini, pengunjung bisa berwisata ke Gua Jepang, Savana Bekol, Pantai Bama, dan hutan mangrove Bama.

6. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting berlokasi di Kalimantan Tengah. Destinasi wisata ini merupakan tempat konservasi orangutan terbesar di dunia dengan populasi orangutan mencapai 40 ribu ekor.

Wisatawan mancanegara menyebut destinasi wisata ini dengan julukan The Last Orangutan Sanctuary. Selain itu, pengunjung juga bisa mengikuti kegiatan menanam pohon untuk penghijauan di Taman Nasional Tanjung Puting ini.

Sumber : liputan6

0 comments: